Instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar

Authors

  • Sinta Herlina SD Islam Al Azhar 31, Indonesia
  • Yuli Prihatni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.2742

Keywords:

pengembangan, instrumen, valid, reliabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel untuk mengukur sikap tanggung jawab siswa Sekolah Dasar. Instrumen berupa angket dengan skala Likert.Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan empat tahapan. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: uji coba ahli, uji coba luas, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah 276 siswa sekolah dasar yang berusia antara 10-13 tahun.Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi, instrument awal dan instrumen tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. (1) Hasil validitas isi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan pada kategori valid dengan indeks Aiken instrumen sebesar 0.91. (2) Hasil uji coba terbatas menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel. (3) Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa instrumen dapat digunakan untuk mengukur sikap tanggung jawab siswa SD dengan kategori sedang.

 

Abstract

The purpose of its research are producing a valid and reliable instrument to measure the attitude of primary school students' responsibilities The instrument is a questionnaire with Likert scale. This development research uses Borg and Gall development model with four stages. The trials were done in three phases, that are: expert trials, limited trials, and field trials. The subject of the research is 276 students between 10-13 years. The instrument consist of validation sheet, initial instrument and final instrument. The results shows that the finalinstrument meet the requirements of validity and reliability. 1) The results of the content validity shows that the instrument is valid with the Aiken index of 0.91. (2) The results of a limited trial show the developed instrument is valid and reliable. (3) The results of field trials shows that the instrument can be used to measure primary school  students' responsibility attitude in the medium category.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-24

How to Cite

Herlina, S., & Prihatni, Y. (2020). Instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2), 203–210. https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.2742

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)