Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTuntuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia

Authors

  • Wiji Wati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Samsi Haryanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Supriyoko Supriyoko Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3221

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, tipe TGT, minat belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTdengan tepat agar mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sanden tahun pelajaran 2016/2017, (2) kelebihan dan kekurangan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sanden tahun pelajaran 2016/2017, (3) efektifitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sanden tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus 1 terdapat empat kali pertemuan, siklus 2 terdapat tiga kali pertemuan. Teknik dan Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : (1) observasi, (2) angket minat belajar, (3) wawancara, (4) tes. Dari hasil angket minat belajar kimia setelah siklus I diperoleh hasil sebanyak 22 siswa atau 78,6 % dengan kategori minat sangat tinggi, dan sebanyak 6 siswa atau 21,4% dengan kategori minat tinggi. Hasil ini meningkat pada siklus II, dimana siswa yang memiliki kategori minat belajar kimia sangat tinggi menjadi 24 siswa atau 89,3%, dan kategori minat tinggi sebanya 4 siswa atau 10,7 %.Hasil postest pada siklus I dengan nilai KKM 75 menunjukkan masih terdapat siswa yang belum tuntas hal ini terlihat dari 28 siswa yang mendapat nilai diatas 75 = 67,9 % atau sebanyak 19 siswa dan yang mendapat nilai dibawah 75 sebanyak 32,1 % atau sebanyak 9 Siswa. Hasil posttest siklus II dapat dilihat siswa telah mengalami peningkatan dalam belajar. Hal ini dibuktikan bahwa siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau diatas nilai 75 sebanyak 26 siswa atau 92,9 % dan 2 siswa atau 6,1%.

 

Application of cooperative learning type of tgt to improve chemical learning and achievement

 

Abstract

This study aims to determine: (1) the implementation of cooperative learning type TGT appropriately in order to increase the interest and achievement of chemistry students learning grade XI IPA SMAN 1 Sanden academic year 2016/2017, (2) advantages and disadvantages of application of cooperative learning type TGT to improve interest and achievement of chemistry student learning grade  XI  IPA  SMAN  1  Sanden  academic  year  2016/2017, (3) effectiveness  of  application  of cooperative learning type TGT to increase interest and achievement of chemistry student learning grade XI IPA SMAN 1 Sanden academic year 2016/2017 by using evaluation model Kirkpatrick. The method used in this study is a classroom action research, conducted in two cycles. Cycle 1 there are four meetings, cycle 2 there are three meetings. Techniques and Instruments data collection is done by using: (1) observation, (2) questionnaire interest in learning, (3) interview, (4) test. From the result of questionnaire of chemistry learning interest after cycle I obtained the result of 22 students or 78,6% with very high interest category, and as many as 6 students or 21,4% with high interest category. This result increased in cycle II, where the students who have chemistry interest interest category is very high to 24 students or 89.3%, and high interest category as 4 students or 10.7%. The posttest result in cycle I with KKM value 75 indicates still there are students who have not completed this is seen from 28 students who scored above 75 = 67.9% or as many as 19 students and who scored below 75 as much as 32.1% or as many as 9 Students. Posttest results of cycle II can be seen students have experienced improvement in learning. It is proved that students who score above KKM or above the value of 75 as many as 26 students or 92.9% and 2 students or 6.1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-05-08

How to Cite

Wati, W., Haryanto, S., & Supriyoko, S. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTuntuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 83–89. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3221

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4