Pengaruh peran orang tua, persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3244Keywords:
peran orang tua, pedagogis, disiplin belajar, prestasi akademik, matematikaAbstract
Tujuan dari penelitian  ini adalah (1) mengetahui  pengaruh  orang tua, persepsi siswa terhadap kompetensi  pedagogis  guru dan disiplin  belajar  siswa  MTs  N Kabupaten  Piyungan;  (2) mengetahui pengaruh  peran  orang  tua terhadap  prestasi  belajar  siswa  siswa MTs  N Kabupaten  Piyungan;  (3) mengetahui  pengaruh  persepsi guru siswa terhadap prestasi belajar matematika  siswa  MTs  N Kecamatan Piyungan; dan (4) mengetahui  pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar matematika pada siswa  MTs  N  Kecamatan  Piyungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan  pendekatan  explanatory  research. Populasi penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  MTs Negeri (MTs N) kelas VIII di Kabupaten Bantul Piyungan berjumlah 133 siswa. Sampel penelitian  ini adalah  96 siswa. Teknik pengambilan  sampel  yang digunakan  adalah  proportional  stratified  random sampling.bTeknik pengumpulan  data menggunakan  kuesioner.  Data dianalisis  dengan  menggunakan analisis regresi berganda. Hasil: (1) Ada pengaruh antara orang tua, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis  guru, dan disiplin belajar pada prestasi  belajar siswa kelas VIII MTs (MTs) di Kabupaten Piyungan Bantul Tahun 2015 / 2016. (2) Ada pengaruh antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa  kelas  VIII  MTs  (MTs)  di Kabupaten  Bantul  Piyungan  Tahun  2015/2016.  (3) Ada  pengaruh antara  persepsi  siswa terhadap  kompetensi  pedagogis  guru MTs dengan  prestasi  belajar  siswa kelas VIII di Kabupaten  Bantul Piyungan  Tahun  Akademik  2015/2016.  (4) Ada pengaruh  antara disiplin belajar  dan  prestasi  belajar  siswa  kelas  VIII  MTs  (MTs)  di  Kabupaten  Bantul  Piyungan  Tahun 2015/2016.
Â
Effect of role of parents, student perception in teacher pedagogik competency and learning discipline on learning achievement students mathÂ
Â
Abstract
The purpose  of this study were (1) to know the influence  of parents,  students  'perceptions  of teachers' pedagogical  competence  and discipline  of learning of MTs N students of Piyungan  District; (2) to know the influence of parent role on student achievement  of MTs N student of Piyungan District; (3)  to  know  the  influence  of  student  teacher's  perception  on  student's  mathematics  learning achievement  of MTs  N Sub Piyungan;  and (4) to know  the influence  of discipline  on mathematics learning  achievement  in  MTs  N  students  Piyungan  sub-district.  This  research  uses  quantitative research  using explanatory  research  approach.  The population  of this study is all students  of MTs Negeri (MTs N) class VIII in Bantul Piyungan  District amounted  to 133 students. The sample of this research  is 96 students.  The  sampling  technique  used  is proportional  stratified  random  sampling. Data  collection  techniques  using  questionnaires. Data  were analyzed  by using multiple  regression analysis. Result: (1) There is influence between parent, student perception about teacher pedagogical competence,  and learning  discipline  on student achievement  of class VIII MTs (MTs) in Regency  of Piyungan  Bantul  Year 2015 / 2016. (2) There is influence  between  parent role with achievement  of students  of  class  VIII  MTs  (MTs)  in Bantul  Regency  Piyungan  Year  2015/2016.  (3)  There  is an influence between students' perceptions on the pedagogical competence of MTs teachers with the achievement  of class VIII students in Bantul Piyungan District Academic Year 2015/2016. (4) There is influence  between  learning  discipline  and  student  achievement  class  VIII  MTs  (MTs)  in  Banty Piyungan District Year 2015/2016.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.