Implementasi pendidikan berbasis keunggulan lokal studi kasus pengembangan program ekowisata Salto di SMA Negeri 1 Turi Sleman

Sumiyati Sumiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penentuan program, perencanaan, pelaksanaan, dan keberhasilan program, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pengembangan program ekowisata salto sebagai implementasi pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMA Negeri 1 Turi Sleman. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif penelitian  ini  dilakukan  menggunakan  studi  kasus  dengan  memfokuskan  pada  pengembangan program ekowisata salto, dipadukan kegiatan kewirausahaan yang sedang berusaha diwujudkan secara nyata, mengingat SMA Negeri 1 Turi bukan merupakan sekolah kejuruan. Data pada penelitian ini digali terutama dengan wawancara dengan narasumber sebagai informan, baik dari stakeholder di dalam sekolah ataupun dari masyarakat sekitar sekolah. Pada proses analisis data ini dikembangkan dengan menggunakan trianggulasi dan dipekuat dengan hasil observasi dan telaah dokumen yang ada. Dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa pengembangan program ekowisata salto diadakan berdasarkan potensi sekolah yang tepat dan ditunjang stakeholder yang memadahi terutama kejelian, kegigihan, dan semangat kepala sekolah beserta jajarannya untuk membekali siswanya pengetahuan pariwisata dan kewirausahaan dengan segala kelebihan yang mendukung maupun segenap keterbatasan yang menghambat program

Implementation of education based on local advantage case study development of salto ekowisata program in SMA Negeri 1 Turi Sleman

 

This research aims to determine program development reasons, plans, executions, and

 success in addition, it also aims to determine the supporting and preventing factors related to the salto tourism programs as an implementation of local excellence-Base education in SMA Negeri 1 Turi  Sleman.  This  research  was  conducted  by  a  case  study,  a  part  of  discriptive  qualitative approach with focused on Salto ecotourism program development, combined with the real entrepreneurship  activities  because  SMA  Negeri  I  Turi  is  not  a  vocational  school.  The  data werwbobtained by interviewing school stakeholders and people arround the shool. The data werw analyzed using triangulation strengtened by observation results and provided documents. From the data it can be indicated that Salto ecotourism program development is held by consodering suitable schools supported by good stakeholders especially the headmaster in wich they have carefullness, persistence and passions to teach the students about ecotourism and entrepreneurship with any strengths or weakness.


Keywords


Pendidikan berbasis keunggulan lokal; Ekowisata; Implementasi

References


Budi Permana, (2013). Sistem Manajemen Akademik Perguruan Tinggi. Jakarta : Penerbit UPI.

Burhan Bungin., (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif.

Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi.Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Burhan Bungin, (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Penerbit Airlangga.

Chafid Fandeli, & Mukhlison. (2000). Pengusahaan Ekowisata. Yogyakarta : Penerbit UGM.

Choy, D. L. (1997). Perencanaan Ekowisata. Belajar dari Pengalaman di South PlanningSustainable Tourism. Bandung : Penerbit ITB.

Creswell, J. W. (2010). Research Design:Qualitative and Quantitative Approaches. California : Sage Publications, Inc.

Iwan Nugroho, (2004). Ecotourism. Malang : Penerbit Universitas Widya Gama.

Janianton Damanik, Helmut & Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata – Dari Teorike Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kumar, Ranjit. (1999). Research Methodology. A Step-by-step Guide for Beginners. London : SAGE Publications.

Mitchell, B., Bakti Setiawan, & Rahmi, D. H. (2000). Pengelolaan Sumberdaya danLingkungan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

Peraturan Daerah DIY noimor 5 tahun 2002 tentang Standar Pengelolaan Pendidikanberbasis Budaya. Yogyakarta : Sri Sultan Hamengkubuwono X

Peter Bjork, (2000). Ecotourism from a Conceptual Perspective, an Extended Definition of a Unique Tourism Form. Int. J. Tourism Res, 2, 189-202

Polit., D.F. & Hungler., B.P. (1999).Nursign Research.Principles and methode. 6thed. Philadelpia : Lippincott.

Ramly, N. (2007). Pariwisata Berwawasan Lingkungan. Jakarta : Grafindo Khazanah Ilmu.

Sastrayudha, G. S. (2010). Hand out mata kuliah concept resort and leisure, strategi pengembangan dan pengelolaan resort and leisure. Bandung : Penerbit UPI

Tellis., W. M. (1997). Application of a case study methodology. [Online] TheQualitative Report. Vol,3 Number 3, September. Available at:http://www.nova.edu/ssss/QR/QR- 3/tellis2.html). DI akses pada : 2 Mei2016.

Turi Sleman, (2011). Profil kecamatan Turi.Diakses 21 Juni 2016 pukul 11.00WIB darihttp://turikec.slemankab.go.id/

Sleman, (2016). PPDB SMA Kabupaten Sleman tahun 2016.Diakses pada tanggal 4Juli 2016 pukul 08.00WIB dari https://sleman.siap.ppdb.com.

SMA N 1 Turi Sleman, (2015). Dukungan masyarakat dalam sekolah model pendidikanberbasis keunggulan lokal. Diakses 05 Mei 2016 pukul 10.15 WI darihttp://www.sman1turi.sch.id/turi/ht ml/index.php




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i1.3292

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i1.3292.g1905

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats