Evaluasi efektivitas program pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Centre
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3352Keywords:
implementasi, penutur asing, wisma bahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas: (1) Perencanaan program pembelajaran (2) Pelaksanaan program pembelajaran, dan (3) Tingkat daya serap murid penutur asing dalam pelaksanaan program pembelajaran bahasa Indonesia di Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Centre. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program bertempat di Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Centre. Evaluasi program menggunakan evaluasi Kirkpatrick yang meliputi reaksi (reaction), belajar (learning), dan hasil/dampak (result). Penelitian dilakukan dengan sampel 30 orang dari kelas pemula yang sedang melaksanakan program pembelajaran pada bulan Februari sampai dengan April 2016. Pengambilan data melalui wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis dekriptif kualitatif dengan kriteria. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Centre adalah program pembelajaran yang dapat dikatakan efektif; (2) Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing memberikan efek yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh siswa. (3) Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing dapat memberikan hasil atau dampak yang positif terhadap siswa, hal ini dapat dilihat darimeningkatnya prosentase siswa yang mencapai skor dengan kategori baik dan sangat baik pada kompetensi dasar yang diajarkan.
Â
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of (1) Learning program planning (2) Implementation of learning the program, and (3) The level of absorption of foreign students in the implementation of Indonesian language learning program at Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Center. This research is an evaluation research program held at Wisma Bahasa - Yogyakarta Indonesian Language Center. Program evaluation uses Kirkpatrick's evaluation which includes reaction, learning, and outcome. The study was conducted with a sample of 30 people from beginner classes who are implementing the learning program in February to April 2016. Data collection through interviews, questionnaires, and tests. Data analysis used qualitative descriptive analysis with criteria. The results revealed that: (1) Indonesian language learning for foreign speakers at Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Center is a learning program that can be said to be effective; (2) Indonesian language learning for foreign speakers provides an effect that can improve student learning outcomes or student achievement. This can be seen from the results obtained by students. (3) Indonesian language learning for foreign speakers can give positive result or impact to the students, it can be seen from the increase of the percentage of students who reach the score with good category and very good at basic competence taught.
Downloads
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kirkpatrick, J. D. (1998). Evaluating training programs. Tata McGraw-Hill Education
Kirkpatrick, J. D., & Kirkpatrick, W. K. (2016). Kirkpatrick's four levels of training evaluation. Association for Talent Development.
Steers, R. M. (1985). Efektivitas organisasi (Kaidah perilaku). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.