Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia

Muchib Muchib

Abstract


Tujuan penelitian ini: (1) Menerapkan pembelajaran PBL, dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia Kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo pada pokok bahasan menulis kreatif puisi. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pembelajaran PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar Bahasa Indonesia Kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo pada pokok bahasan Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Keindahan Alam. (3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model Pembelajaran PBL dengan video dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar Bahasa Indonesiapada pokok bahasan menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo pada semester II Tahun Pelajaran: 2016/2017. Pelaksanaan penelitian ini terdiri 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes prestasi belajar, kuisioner, observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen angket menggunakan rumus Uji realibilitas instrumen angket menggunakan Alpha Cronbach. Uji efektivitas penerapan PBL dengan video menggunakan evaluasi program model Kirk Patrick. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan PBL dengan Video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia menunjukkan scor rata-rata dari prestasi belajar siswa pada pra siklus: 69,87 %, siklus I: 77,03 % dan siklus II :79,77 % lebih besar dari indikator keberhasilan 75 % dengan KKM: 76.

 

Abstract

The purpose of this study: (1) Implementing PBL learning, with video to increase interest and achievement learning Indonesian class VII F SMP Negeri 26 Purworejo on the subject of poetry writing writing. (2) To know the advantages and weaknesses of PBL learning with video to improve interest and achievement of learning Indonesian Class VII F SMP Negeri 26 Purworejo on the subject of Poetical Creative Writing With regard to Natural Beauty. (3) To know the effectiveness of the application of PBL learning model with video in improving the interest and learning achievement Bahasa Indonesia is the subject of creative writing poems related to the natural beauty. Class Action Research (PTK) conducted in Class VII F SMP Negeri 26 Purworejo in the second semester of the Year of Study: 2016/2017. The implementation of this research consists of two cycles. Data collection techniques through achievement test, questionnaire, observation, and interview. Test the validity of the questionnaire instrument using the formula Test reliability of the questionnaire instrument using Alpha Cronbach. Test the effectiveness of PBL applications with video using the Kirk Patrick model program evaluation. The results showed: (1) Implementation of PBL with Video to increase interest and learning achievement of Indonesian language showed average score of student achievement in precycle: 69,87%, cycle I: 77,03% and cycle II: 79,77 % greater than 75% success indicator with KKM: 76.


Keywords


PBL; Minat; Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

References


Arikunto, S. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Aditya Media.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2015). Analisis item instrumen. Zanafa Publishing.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.

Kosasih. (2013). Penerapan project-based learning berbantuan video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi komunikasi. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kustiono. (2010). Media pembelajaran: konsep, nilai edukatif, klasifikasi, praktek pemanfaatan dan pengembangan. Semarang: UPT UNNES Press

Pamungkas, (2016), Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, Apollo Lestari Surabaya.

Romdoni, M., & Supriyoko, S. (2017). Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas XMIPA 2 SMAN 1 Minggir pada pokok bahasan eksponen dan logaritma tahun 2016/2017. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 63-69. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3296

S., W. M., & Hariyanto. (2013). Pembelajaran aktif. Bandung: PT Rusdakarya.

Saidihardjo. (2005). Konsep dasar ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: Depdiknas.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, L. M. (2013). Active learning. (Khozin, Penerj.) Bandung: Nusa Media.

Silberman, L. M. (2014). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. (Raisul, Penerj.) Bandung: Nusa Media.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E. R. (2008). Cooperative learning teori: riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryabrata, S. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wati, W., Haryanto, S., & Supriyoko, S. (2018). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe tgt untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 83-89. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3221




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356.g1937

Article Metrics

Abstract view : 271 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats