Perbedaan metode demonstrasi dan ceramah terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam

Authors

  • Sumiyati Sumiyati SD Negeri Nglarang Mlati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3360

Keywords:

demonstrasi, ceramah, IQ, demonstration, lecture

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara Metode Demonstrasi dan Ceramah terhadap perestasi belajar siswa kelas IV Tahun Ajaran 2016/2017; (2) Perbedaan pengaruh antara IQ tinggi dan IQ rendah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV Tahun Ajaran 2016/2017; (3) Interaksi pengaruh metode pembelajaran dengan IQ siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD gugus IV se-Kecamatan Mlati dengan cara purposive sampling. Terdapat 41 soal valid dengan reliabilitas 0,835. Uji persyaratan yakni normalitas dan homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan analisis Anava 2 jalur. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan pengaruh efektifitas antara metode demonstrasi dan metode ceramah. Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki IQ tinggi dan IQ rendah serta tidak ada interaksi pengaruh perbedaan antara metode pembelajaran dan IQ siswa terhadap hasil belajar.

 

Differences of demonstration method and lecture method on student learning result in Islamic subject

 

Abstract

The purpose of this research is to know: (1) difference of influence between Method of Demonstration and Lecture toward student achievement of fourth grade student of academic year 2016/2017; (2) The difference of influence between high IQ and low IQ on the learning outcomes of Islamic Education fourth grade students of academic year 2016/2017; (3) Interaction of influence of learning method with IQ of students on learning result of Islamic Religious Education in Class IV of academic year 2016/2017.This research was conducted in the fourth grade of elementary school class V Se-Kecamatan Mlati by purposive sampling. There are 41 valid questions with reliability of 0.835. Test the requirements of normality and homogeneity, while for hypothesis testing using analysis of Anava 2 lanes. The result of this research is difference of effectivity influence between demonstration method and lecture method. There is no difference of influence between students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Furchan, A. (2011). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani, H. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iriyanto, H. D. (2012). Learning metamorphosis hebat gurunya dahsyat muridnya. Jakarta: Erlangga.

Pardjono, P., Sukardi, S., Samsi, K., Paidi, P., Prayitno, E., & Sukamti, S. (2007). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, N. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung.Alfabeta.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Trianto. (2012). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, S. (2011). Structural equation modeling dengan lisrel –PLS. J. Jakarta: Penerbit: Salemba.

Published

2018-06-07

How to Cite

Sumiyati, S. (2018). Perbedaan metode demonstrasi dan ceramah terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 56–63. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3360

Issue

Section

Artikel

Citation Check