Kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab terhadap prestasi belajar fisika siswa sekolah menengah atas

Wiyati Srihardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab terhadap prestasi belajar fisika siswa secara simultan dan parsial. Penelitian ini dilakukan terhadap Siswa SMA Negeri 11 Purworejo.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa karena teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan tes..Uji hipotesis secara bersama-sama menggunakan uji ANOVA (uji-F), dilanjutkan uji hipotesis secara parsial dengan uji-T.Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab secara bersama-sama berkontribusi positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa.Hasil penelitian juga menunjukkan motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab secara parsial berkontribusi positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa.

 

The contribution of learning motivation, discipline, and responsibility to the students’ physics achievement of senior high school

 

Abstract

This research is intended to find the contribution of learning motivation, learning discipline, and responsibility to student learning achievement of physics simultaneously and partially. This research was conducted on the students of SMA Negeri 11 Purworejo. This type of research uses a quantitative approach. The population and sample in this study is all students of class XI IPA SMA Negeri 11 Purworejo which is ready 64 students since the sampling technique used is saturated sampling. Technical data were carried out with questionnaires and tests. Data analysis techniques used multiple regression using three independent variables. Hypothesis test simultantly using ANOVA test (F-test), and partial test with T-test. The results of this study indicate the motivation of learning, discipline of learning, and responsibility are mutually and partially beneficial and very significant to the students' physics learning achievement.


Keywords


motivasi; kedisiplinan; tanggung jawab; dan prestasi fisika siswa

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3).

Febriyanti, F. (2016). Kualitas madrasah dan profesionalisme guru (Undang-Undang 14 tahun 2005). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 31-51.

Komsi, D., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.26486/petier.v1i1.21

Presiden Republik Indonesia (2003) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Sardiman, AM. (2007), Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarsih, S. (2017). Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IXB SMP N 9 Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2). doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i2.3379




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3364

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3364.g1945

Article Metrics

Abstract view : 137 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats