Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stik motivasi dan prestasi belajar

Main Article Content

Rimawati Rimawati
Samsi Haryanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) proses pembelajaran dan pengajaran dalam pelajaran ilmu sosial dengan menggunakan pendekatan ilmiah dan model kooperatif tipe stick stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar dari pelajaran sains sosial kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta, 2) kekuatan dan kelemahan pendekatan ilmiah dan model koperasi tipe stick stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar pelajaran ilmu sosial, dan 3) efektivitas penerapan pendekatan ilmiah dan model koperasi tipe stick berbicara untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmiah dan model kooperatif tipe stick dan masing - masing fase memiliki empat komponen berulang, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik seperti observasi, tes tertulis, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah dan model koperasi tipe stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar mata pelajaran ilmu sosial. Skor motivasi belajar siswa dan prestasi belajar sains meningkat dari 89,65% pada siklus 1 sampai 100% pada siklus 2, sehingga kenaikan 75% terpenuhi. Prestasi belajar meningkat dari 60,9% pada hasil pre-cycle menjadi 79,31% pada posttest siklus 1 dan 86,21% pada siklus posttest 2. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat melalui skor pada siklus 1, dan 23 siswa. memenuhi kriteria nilai kelulusan minimum (79,31%) dan 25 siswa berprestasi dengan nilai kelulusan minimum (86,21%).


Abstract

The objectives of this research are to describe 1) learning and teaching processes in the social sciences lesson using a scientific approach and a cooperative model of talking stick type to increase students’ motivation and learning achievement of the social sciences lesson in class VIII at SMP Negeri 15 Yogyakarta, 2) strengths and weaknesses of a scientific approach and cooperative model of talking stick type to increase students’ motivation and learning achievement the social sciences lesson, and 3) the effectiveness of applying a scientific approach and a cooperative model of talking stick type to increase students’ motivation and learning achievement in the social sciences lesson. This research uses a scientific approach, and a cooperative model of talking stick type and each of its phases has four repetitive components, namely planning, implementation, observation, and reflection. To collect data, the researcher used several techniques such as observation, written test, interview, questionnaire and documentation. The research results show that the implementation of a scientific approach and cooperative model of talking stick type to increase students’ motivation and learning achievement of the social sciences lesson. The scores of students’ motivation and learning achievement of the social sciences increased from 89.65% in cycle 1 to 100% in cycles 2, so the increase of 75% was fulfilled. The learning achievement increased from 60.9% in the pre-cycle result to 79.31% in the post test of cycle 1 and 86.21% in the post test of cycle 2. The increase of learning achievement can be seen through scores in the cycle 1, and 23 students accomplished a criterion of minimum passing grade (79.31%) and 25 students accomplished a criterion of minimum passing grade (86.21%).

Article Details

How to Cite
Rimawati, R., & Haryanto, S. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stik motivasi dan prestasi belajar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 103–114. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3367
Section
Artikel

References

Ahmad Rohani dan Abu Ahnadi. 2007. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

WIYATA DHARMA: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 113

Volume V, Nomor 2, November 2017

WIYATA DHARMA Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Gagne, Ellen D. 1985, The Cognitive Psychology of School Learning. Boston: Little, Brown and Company.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hisyam Zaini, dkk, 2007, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development, IAIN Sunan Kalijaga.

Hosnan M, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indah.

Kemendikbud (2014), Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud (2016), Silabus mata pelajaran IPS. Jakarta: Dediknas.

Kirkpatrick, Donal L. 1998. Evaluating Training Programs The Flaur Levels. San Fransisco: Berret-Koehler Publiser,INC.

Lazim M, 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. (online), (http://www.P4tksb-jogja. com/index.php, diakses 1 November 2016).

Sardiman. 202. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Most read articles by the same author(s)

> >>