Pengembangan instrumen pengukuran Nilai tanggung jawab siswa SMK

Main Article Content

Akhmad Taufik Nurhidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) dapat menghasilkan instrumen pengukuran nilai tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ambal, (2) dapat mengetahui proses pengembangan instrumen pengukuran nilai tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ambal, dan (3) dapat mengetahui sejauhmana kecenderungan tanggung jawab siswa SMK Negeri 1 Ambal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrumen non-tes dengan metode research and development berdasar model Borg and Gall yang dimodifikasi. Instrumen ini diujicobakan pada 302 siswa SMK Negeri 1 Ambal terdiri atas 64 pernyataan yang dikelompokkan dalam 32 butir pernyataan valensi dan 32 butir pernyataan faktual. Dari hasil penelitian dihasilkan instrumen pengukuran nilai tanggung jawab siswa di SMK N 1 Ambal berupa 27 butir pernyataan valensi dan 26 butir pernyataan faktual. Dari 8 indikator terbentuk 7 indikator dengan validitas konstrak yang dihasilkan pada butir valensi berupa KMO sebesar 0,792 dan reliabilitas internal alpha 0,816. Pada butir pernyataan faktual dihasilkan KMO 0,770 dan koefisien reliabilitas alpha 0,804. Menggunakan metode konfirmatori dengan Maximum Likelihood dihasilkan kesesuaian goodness of fit test yang signifikan. Kecenderungan nilai tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ambal dengan 94,02% siswa memiliki nilai tanggung jawab yang tinggi dan 5,98% siswa memiliki tanggung jawab yang sedang. Sementara tidak ada siswa yang memiliki tanggung jawab yang rendah.

 

The development of an instrument to measure on student responsibilities value

 

Abstract

 

 

The aims of this study are (1) produce instrument of responsibility value at Vocational State High Shool 1 of Ambal, (2) knew process to develop instrument of responsibility value at Vocational State High Shool 1 of Ambal, and (3) knew how responsible of student at Vocational State High Shool 1 of Ambal.This research is research instrument development non-test with the research and development based on the Borg & Gall development model. This instrument tried out to 302 Vocational High School Student 1 of Ambal consists of 64 statement that grouped in 32 statement a valence of grains and 32 grains of factual statement.From the result of trial test then conducted responsibilities value at SMK N 1 Ambal which have 27 items of valensi declaration and 26 items of factual declaration. From 8 indicator, successfully extracted into 7 indicator which conducted validity of valence statement has KMO at 0,792 and internal reliability alpha 0,816. From factual items conducted KMO at 0,770 and internal reliability alpha 0,804. Used confirmatory method successfully shown Maximum Likelihood produced high goodness of fit test that has significant result. The classifications of responsibility value of students at SMK Negeri 1 Ambal with the result 94,02% of learners have high responsibility and 5,98% learners had medium responsibility. While there are no learners who have a low responsibility.

Article Details

How to Cite
Nurhidayat, A. T. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran Nilai tanggung jawab siswa SMK. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3369
Section
Artikel

References

Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Malang: Gava Media

Eko Putro Widoyoko.(2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Marjito. (2015). Pengembangan Instrumen Pengukuran Nilai Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah (Studi Empirik di MTs Negeri Sayegan Kecamatan Sayegan). Tesis, tidak diterbitkan, Program Pascararjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Maulida Hayatina. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Nilai tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Al- Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1. Tesis, tidak diterbitkan, Program Pascararjana. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Saifuddin Azwar. (1998). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Yogyakarta. Alfabeta

Sutijan, dkk. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Surakarta. Jurnal Paedagogia Volume 18 No.2