Pengembangan instrumen pengukuran nilai kedisiplinan siswa

Authors

  • Amurwani Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Samsi Haryanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3373

Keywords:

instrumen, pengembangan instrument, pengukuran nilai disiplin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana guru mengevaluasi dan mengukur disiplin siswa di SMA Negeri 2 Bantul, 2) untuk mengembangkan pengukuran disipliner siswa, beserta (a) indikator yang tepat digunakan untuk mengukur disiplin siswa. , (b) item kuesioner yang valid dan dapat dipercaya, dan (c) instrumen standar untuk mengukur disiplin siswa di SMA Negeri 2 Bantul, dan (3) mendeskripsikan nilai disiplin siswa dengan menerapkan instrumen standar untuk pengukuran nilai disiplin. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari 6 indikator berupa cetak biru kuesioner. Tahap kedua adalah mengukur validitas dan reliabilitas item yang melibatkan 175 siswa. Tahap ketiga adalah mengukur validitas konstruk dan analisis faktor, bersama dengan nilai KMO 0,659> 0,5, sig 0,000 <0,5, dan 2 faktor esensial terbentuk. Kemudian instrumen akhir standar dibentuk untuk mengukur nilai disiplin siswa. Hasilnya: 1) guru tidak menggunakan instrumen untuk menilai disiplin siswa, dan instrumen penelitian ini digunakan oleh guru untuk mengukur nilai disiplin siswa, 2) instrumen untuk mengukur nilai disipliner siswa telah dikembangkan, bersama dengan (a) 6 indikator tingkat disiplin ilmu yang sesuai, yaitu kepatuhan, ketaatan, loyalitas, keteraturan, keteraturan dan ketepatan, (b) di antara 60 item kuesioner, 29 di antaranya valid dan dapat diandalkan, (c) setelah menerapkan uji validitas konstruk Dengan menggunakan analisis faktor, 27 dari 29 item instrumen untuk mengukur nilai disiplin siswa berlaku, dan 3) setelah menerapkan pengukuran nilai disipliner, nilai disipliner siswa di SMA Negeri 2 Bantul sangat tinggi.

 

Abstract

The objectives of this research are 1) to find out how teachers evaluate and measure the students’ discipline at SMA Negeri 2 Bantul, 2) to develop the students’ disciplinary measurement, along with (a) its appropriate indicators used to measure students’ discipline, (b) valid and reliable questionnaire items, and (c) standardized instruments to measure the students’ discipline at SMA Negeri 2 Bantul, and (3) to describe students’ disciplinary grades by implementing a standardized instrument for disciplinary grades measurement. The design of this research is a research and development. The research instruments consist of 6 indicators in the form of a questionnaire blueprint. The second phase is measures validity and reliability items involving 175 students. The third phase is measures the construct validity and the factor analysis, along with KMO value of 0.659> 0.5, sig 0.000 < 0.5, and 2 essential factors are formed. Then a standardized final instrument is formed to measure students’ disciplinary grades. The results: 1) teachers have not use the instrument to grading students’ discipline, and this research instrument is used by the teachers to measure students’ disciplinary grades, 2) the instrument for measuring the students’ disciplinary grades has been developed, along with (a) 6 indicators of an appropriate disciplinary grade, namely compliance, obedience, loyalty, regularity, order and precision, (b) among the 60 questionnaire items, 29 of them were valid and reliable, (c) after implementing a construct validity test using a factor analysis, 27 of 29 instrument items to measure students’ disciplinary grades were valid, and 3) after implementing a disciplinary grades measurement, the students’ disciplinary grades at SMA Negeri 2 Bantul were extremely high.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Samsi Haryanto. (1994). Pengantar Teori Pengukuran Kepribadian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Singgih Santoso. (2015). Menguasai Statistik Parametrik.Jakarta: Gramedia.

S. Eko Putro Widoyoko. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugeng Prijodarminto. 1994. nilai kedisiplinan. http://repository. usu.ac.id /bitstream/ 123456789/23401/4/Chapter%20II.pdf

Saifuddin Azwar. 2013. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Published

2017-01-07

How to Cite

Rahayu, A., & Haryanto, S. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran nilai kedisiplinan siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3373

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>