Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru Berbasis tupoksi untuk guru sekolah dasar

Main Article Content

Moh Muadin
FX Sudarsono
Yuli Prihatni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan komponen yang digunakan untuk menilai kinerja guru sekolah dasar berbasis tupoksi, (2) menentukan indikator yang dibutuhkan dalam menilai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru sekolah dasar, (3) mengetahui bentuk instrumen penilaian kinerja guru sekolah dasar yang baku dan dapat mengukur penilaian kinerja yang akurat, dan (4) mengetahui hasil penilaian kinerja guru sekolah dasar berbasis tupoksi di Kecamatan Kotegede Yogyakarta. Instrumen penilaian dalam penelitian ini disusun dalam bentuk penilaian diri. Instrumen dikembangkan dengan metode research and development, berdasarkan model pengembangan Djemari Mardapi yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas, instrumen ini valid dan reliabel. Hasil pengukuran menggunakan instrumen yang valid dan reliabel diperoleh data bahwa kinerja guru untuk variabel tugas pokok guru dalam kategori “baikâ€, sedangkan untuk variabel fungsi guru dalam kategori “sangat baikâ€


Development of teacher performance assessment instrument based on teachers duties and responsibilities for elementary school teachers


Abstract

The study aims at: (1) determining the components to assess the elementary school teachers performance of based on teachers duties and responsibilities, (2) determining the indicators to assess the implementation of elementary school teachers duties and responsibilities, (3) knowing the standard of teacher performance assessment instrument and its accuracy, (4) finding the results of performance assessment based on teachers duties and responsibilities of elementary school teachers in Kotegede sub-district Yogyakarta. The teacher's performance assessment instrument of this study was conducted in the form of self-assessment. The instrument was developed by research and development method, based on the modified Djemari Mardapi development model. Based on the result of validity and reliability tests, the instrument was valid and reliable. The assessment using a valid and reliable instrument showed that the teacher's performance on teachers duty variable was in the category of ‘good’, while on teachers responsibilities variable in the category of ‘very good’.

Article Details

How to Cite
Muadin, M., Sudarsono, F., & Prihatni, Y. (2017). Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru Berbasis tupoksi untuk guru sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 91–102. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3377
Section
Artikel

References

Allan, ect. 2006. Developing Highly Qualified Teachers. Handbook for School Leader. California: Corwin Press A SAGE Publications Company.

Djemari Mardapi. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika

Djemari Mardapi. 2007. Tekhnik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Hesti Sadtyadi, Badrun Kartowagiran. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi. (Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan) Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Johnson, Rober L, dkk. 2009. Assessing Performance. New York: The Guildford Press.

Peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2018 tentang kewajiban, tanggung jawab dan wewenang guru

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian . Bandung Alfabeta.

Syamsul Bahri. 2011. Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD di Dataran Tinggimoncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan(Jurnal). Makasar: Universitas Negeri Makasar.

UU No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Kementerian Pendidikan Nasional 2010.

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (Pk Guru). Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional

Yusrizal, dkk. 2011. Evaluasi Kinerja Guru Fisika, Biologi, dan Kimia SMA yang Sudah Lulus Sertifikasi (Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 15 No. 2)

Most read articles by the same author(s)