Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IXB SMP N 9 Yogyakarta

Main Article Content

Sumarsih Sumarsih
Pardimin Pardimin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui peningkatan proses belajar sains dengan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dalam mata pelajaran sains kelas IXB SMP Negeri 9 yogyakarta (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan (3) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kelas sains IXB SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research / PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul diperoleh dari instrumen motivasi belajar, prestasi belajar dan data pengamatan di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains. Peningkatan motivasi belajar siswa terhadap IPA terlihat dari kenaikan skor, dari 96% siklus I menjadi 100% siklus II, sehingga peningkatan 80% terpenuhi. Peningkatan prestasi belajar dilihat dari hasil pre cycle (27%) sampai post test I (77%). Untuk post test II (82%), peningkatan prestasi belajar juga terlihat dari peningkatan hasil belajar siklus I, 26 siswa menyelesaikan KKM (77%) sampai 28 siswa menyelesaikan KKM (82%).

Article Details

How to Cite
Sumarsih, S., & Pardimin, P. (2017). Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IXB SMP N 9 Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 123–134. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3379
Section
Artikel

References

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional

Hakim Thursan, 2000, Belajar Secara efektif, Jakarta: Pupsa Swara.

Patta Bundu, 2006. Model Pembelajaran Cooperative, Surabaya: Pusat Sains

Slameto. 2010. Belajar Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Akasara

Trisdiono, H. 2013. Stategi Pembelajaran Abad 21 (Online) Tersedia http://lpmpjogja. org/index.php/aartikeldankaryailmiah/ h a r l i s t i s d i o n o m / 2 6 - s t a t r e g i -pembelajaran-abad-21(diakses 20 Oktober 2016)

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Most read articles by the same author(s)