Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2016/2017

Main Article Content

Sumiati Sumiati
Samsi Haryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia belajar kimia dengan penerapan model Problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-8 SMA N 1 Bantul semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, angket peserta didik, wawancara , dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar konsep kesetimbangan kimia melalui model pembelajaran PBL (Problem BasedLearning) yaitu 77.70 pada siklusI, dan 86.90 pada siklus II. Ketuntasan belajar siklus II mencapai 94.11% telah memenuhi kriteria belajar tuntas dengan nilai lebih atau sama dengan 75 lebih dari 85%. Kesimpulan, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dan guru dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.


Abstract

The purpose of this study is to improve the motivation and learning outcomes of learners on chemistry learning chemistry with the application of Problem Based Learning model. This research is a classroom action research with subjects class XI IPA 8 students at SMA N 1 Bantul in the first semester of academic year 2016/2017 with the amount of students 34 peoples that consists of 14 boys and 20 girls. The data collection is done by using observation sheets daily journal, student questionnaire, interviews, documentation and testing. Descriptive data were analyzed qualitatively through several stages of data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the research Increase The Result of Student’s Learning Equilibrium Chemical Concept Via PBL’s Learning Model (Problem Based learning) the average of the student study result in the first cycle is 77,70, the second is 86,90. The second cycle showed 94.11% met the criteria studied thoroughly with the value of more than or equal to 75 of more than 85%. In conclusion , the use of model Problem Based Learning can improve motivation and learning achievements of learners and teachers can develop and implement the model of learning in the classroom.

Article Details

How to Cite
Sumiati, S., & Haryanto, S. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2016/2017. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 135–146. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3380
Section
Artikel

References

Amir, M.T.2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Hamzah. B Uno. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Prayitno. 1989. Motivasi Dalam Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali.

Sardiman. A.M.2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.

Syaiful Bahri Djamarah. dkk.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

> >>