Pengembangan instrumen pengukuran sikap proaktif siswa SMA Negeri 1 Klirong Kebumen

Authors

  • Tsalits Fathurrohmah SMA Negeri 1 Klirong Kebumen, Indonesia
  • Supriyoko Supriyoko Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Yuli Prihatni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3384

Keywords:

validitas konstrak, analisis faktor, sikap proaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengukuran sikap proaktif siswa yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 1 Klirong Kebumen selama ini, (2) menjelaskan proses pengembangan instrumen pengukuran sikap proaktif, dan (3) menjelaskan hasil pengukuran sikap proaktif siswa SMA Negeri 1 Klirong Kebumen dengan mengunakan instrumen hasil penelitian pengembangan sikap proaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development instrumen pengukuran sikap proaktif berdasarkan model pengembangan Sugiyono.Uji coba terbatas oleh 7 siswa, uji coba agak luas oleh 35 siswa,uji coba luas oleh 234 siswa.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pengukuran sikap proaktif siswa belum menggunakan instrumen yang sudah teruji. Berdasarkan data hasil uji coba instrumen awal yang terdiri atas 44 butir pernyataan diperoleh instrumen final terdiri atas 39 butir yang semuanya memiliki korelasi antara skor butir dengan skor total > rtabel5%. Validitas konkuren sebesar 0,625 dengan signifikansi 0,000. Dengan analisis faktor diperoleh 11 faktor dengan nilai Determinant of Correlation Matrix 8,640x10-7, koefisien Kaiser Meyer Olkins sebesar 0,838, nilai Bartlett Test of Sphericity sebesar 3045,979 dengan signifikansi 0,000. Koefisien reliabilitas yang ditunjukkan oleh nilai Cronbach Alpha sebesar 0,894.Hal ini menunjukkan bahwa instrumen pengukuran sikap proaktif siswa SMA Negeri 1 Klirong Kebumen yang dikembangkan memiliki validitas butir, validitas konkuren, validitas konstrak dan reliabilitas yang baik.Dengan menggunakan instrumen final diperoleh hasil 28,02% kategori sangat tinggi, 58,94% kategori tinggi, 13,04% kategori sedang, 0% kategori rendah dan 0% kategori sangat rendah. Rata-rata tingkat proaktivitas siswa sebesar 119,13 (kategori tinggi).


Abstract

The objectives of this research are (1) to explain the measurement of students’ proactive attitude done by the teacher of SMA 1 Klirong Kebumen, (2) to explain the process of proactive attitude measurement instrument development, and (3) to explain the result of students’ proactive attitude measurement at SMA Negeri 1 Klirong Kebumen by using the instrument of research result of proactive attitude development. This research applies Research and Development Method of proactive attitude measurement instrument based on the Sugiyono development model. The limited tryout by7 students, the extensive tryout by 35 students, and the extensive tryout by 234 students. Based on the result of the research, it is found that the measurement of students’ proactive attitude has not been used as the proven instrument. Based on the data result of the preliminary test consist of 44 instrument items got from the final instrument consists of 39 items, which all have a correlation between items score and total score > rtabel5%.The concurrency validity is 0,625 with 0,000 significance. By factor analysis, it’s got 11 factors with Determinant of Correlation Matrix 8,640x10-7, Kaiser Meyer Elkins coefficient 0,838, Bartlett Test of Sphericity 3045,979 with 0,000 significance. The reliability coefficient shown by Cronbach Alpha value is 0.894. In indicates that the measurement instrument of students’ proactive attitude at SMA Negeri 1 Klirong Kebumen has been developed has good items validity, concurrency validity, construction validity and reliability. By using final instrument, it’s obtained 28,02% of very high category, 58,94% high category, 13,04% medium category, 0% low category and 0% very low category.The average of students’ proactivity level is 119.13 (high category).

References

Ambar Retno. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Nilai Ulet Peserta Didik SMA di SMA Negeri 1 Buluspesantren, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pascasarjana UST, Yogyakarta, Indonesia.

Iswahyudi.(2015). Pengaruh Kepribadian Proaktif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bank BCA Banda Aceh; Leader Member Exchange sebagai Variabel Mediasi, Fakultas Ekonomi Unsyiah, Banda Aceh, Indonesia.

Marjito.(2015). Pengembangan Instrumen Pengukuran Nilai Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah (Studi Empirik di MTs Negeri Seyegan Kecamatan Seyegan), Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pascasarjana UST, Yogyakarta, Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2016).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Published

2017-10-07

How to Cite

Fathurrohmah, T., Supriyoko, S., & Prihatni, Y. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran sikap proaktif siswa SMA Negeri 1 Klirong Kebumen. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3384

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>