Pengembangan instrumen pengukuran kreativitas menulis cerita fantasi siswa kelas 7 SMP negeri 2 kalasan

Main Article Content

Yuliana Dwi Astuti
Samsi Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi kreativitas menulis cerita fantasi siswa SMP Negeri 2 Kalasan, (2) mengembangkan instrumen pengukuran kreativitas menulis cerita fantasi siswa SMP Negeri 2 Kalasan, dan (3) mengetahui hasil pengukuran tingkat kreativitas menulis cerita fantasi siswa SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sebagai langkah awal, draft model instrumen disusun berdasarkan teori dan data empirik lapangan dengan 6 indikator yang divalidasi oleh expert judment. Uji coba terbatas dilakukan pada 16 siswa kelas 7A menggunakan angket dengan jumlah 48 butir pernyataan. Setelah direvisi kemudian diujicoba agak luas kepada 32 siswa kelas 7B. Analisis validitas butir menggunakan rumus product moment diperoleh sebanyak 40 butir valid. Koefisien reliabilitas instrumen valensi sebesar 0,848, koefisien reliabilitas instrumen faktual sebesar 0,887 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua instrumen dinyatakan reliabel. Selanjutnya dilakukan uji coba empirik lebih luas kepada 158 siswa. Hasil uji coba empirik ini berupa validitas konstruk. Validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor. Uji validitas konstruk menghasilkan instrumen valensi yang valid 17 butir dengan nilai KMO 0,759, dan nilai reliabilitas 0,795, butir instrumen faktual yang valid 19 butir, dengan nilai KMO 0,785, dan nilai reliabilitas 0,813, nilai reliabilitas total 0,874.dan membentuk 6 faktor dan diberi nama baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas menulis cerita fantasi siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Kalasan, diperoleh skor rerata sebesar 112,28. Nilai rata-rata kreativitas menulis cerita fantasi siswa putri lebih tinggi yaitu mencapai 115,46, dibandingkan siswa laki-laki yang mencapai nilai 112,88.

This study aims to: (1) evaluate the creativity of writing fantasy story of SMP Negeri 2 Kalasan, (2) develop the measurement instrument of creativity to write fantasy story of SMP Negeri 2 Kalasan students, and (3) to know the result of the level of creativity to write fantasy story of SMP Negeri 2 Kalasan. The research was conducted at SMP Negeri 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, academic year 2016/2017. This type of research is Research and Development (R & D). As a first step, the draft instrument model is based on theory and empirical field data with 6 indicators validated by expert judment. A limited trial was conducted on 16 students of grade 7A using a questionnaire with a total of 48 items of statement. After being revised and then tested rather broadly to 32 students of grade 7B. Analysis of the validity of the grains using product moment formula obtained as many as 40 items valid. Valent instrument reliability coefficient of 0.848, the reliability coefficient of factual instrument of 0.887 so it can be concluded that both instruments are declared reliable. Furthermore, empirical test more widely to 158 students. The results of this empirical test in the form of construct validity. The validity of the constructs is done by factor analysis. The validity test of the construct produces a valid valence instrument of 17 items with a KMO value of 0.759, and a reliability value of 0.795, valid factual item 19 grains, with a KMO value of 0.785, and a reliability value of 0.813, a total reliability value of 0.874.dan forming 6 factors and is named new. The results showed that the creativity of writing the fantasy story of seventh grade students of SMP Negeri 2 Kalasan, obtained an average score of 112.28. The average value of creativity writing fantasy story of female students is higher that reach 115,46, compared to male student which reach value 112,88.

Article Details

How to Cite
Astuti, Y. D., & Haryanto, S. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran kreativitas menulis cerita fantasi siswa kelas 7 SMP negeri 2 kalasan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.30738/wd.v5i2.3385
Section
Artikel

References

Akhmad Sudrajat. 2008. Kreativitas di sekolah. Jakarta: Artikel Pendidikan Psikologi Better Education.

Borg, W. R. and Gall M.D. 1983. Education Reseach: An Introduction. London: Longman Inc.

Djemari Mardapi. 2007. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes.Yogyakarta: Mitra Cendekia

Edi Tandiling. 2012. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13. Pontianak.

Most read articles by the same author(s)

> >>