Pemanfatan media pembelajaran magic paper untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan bahasa Inggris lisan

Main Article Content

Martoyo Martoyo
Samsi Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran Magic Paper dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar bahasa Inggris lisan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan serta efektivitas penerapan media pembelajaran Magic Paper. Sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPS-3 SMA Negeri 2 Purworejo Jawa Tengah Semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 sebagai kelas eksperimen untuk menguji efektifitas penerapan media pembelajaran Magic Paper tehadap peningkatatan rasa percaya diri dan prestasi belajar berupa keterampilan Bahasa Inggris lisan pada materi ajar narrative jenis fable dan hortatory exposition. Kelas XI. IPS-2 ssebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif dengan presentasi sedangkan data kualitatif dengan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskripsi analisis sedang analisis data kuantitatif menggunakan dengan Uji-t. Hasil penelitian membuktikan adanya selisih yang tinggi yaitu dari 7 atau 22,58% orang siswa pada siklus I, menjadi 24 atau 77,42% orang siswa memiliki rasa percaya diri tinggi pada siklus II. Berdasarkan hasil pengukuran terdapat peningkatan keterampilan Bahasa Inggris lisan dari 31 orang siswa, 9 orang siswa atau 29,03% pada siklus I belum mencapai KKM, sedang 22 orang siswa atau 70,97% telah mencapai KKM. Sedang pada siklus II seluruh siswa sebanyak 31 atau 100% orang siswa telah mencapai KKM.

 

 

Utilization of medical learning medic paper to increase yourself believe and english skills of lisan


Abstract

This study aims to determine whether the application of Magic Paper learning media can improve self-confidence and learning achievement of spoken English. This study also aims to determine the advantages and disadvantages and the effectiveness of the application of learning media of Magic Paper.A Classroom Action Research (CAR) with two cycles and each consists of two meetings. The subjects of this study are the students of class XI.IPS-3 SMA Negeri 2 Purworejo 2nd Semester of the year 2016/2017 as an experimental. It is used to test the effectiveness of the application of Magic Paper learning media to the self-confidence and learning achievement in the form of English speaking skills in teaching narrative materials fable type and hortatory exposition correspond with class XI.IPS-2 as a control class. Speech is used as quantitative data collection techniques while qualitative uses observation, questionnaires, and interviews. Qualitative data analysis technique uses descriptions analysis while quantitative data uses t-test. The result of the research shows that there is a high difference of 7 or 22.58% of students in cycle I, to 24 or 77.42% of students have high confidence in cycle II. Based on the measurement result, there are improvement of English speaking skill from 31 students, 9 students or 29,03% in cycle I have not reached KKM, while 22 students or 70,97% have reached KKM in cycle II. On the second cycle 31 students or 100% of have reached KKM.

Article Details

How to Cite
Martoyo, M., & Haryanto, S. (2018). Pemanfatan media pembelajaran magic paper untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan bahasa Inggris lisan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 109–116. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3388
Section
Artikel

References

Bovée, C. L., Thill, J. V., & Schatzman, B. E. (2003). Business communication today. Upper Saddle, NJ: Prentice Hall.

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1974). Principles of instructional design. Holt, Rinehart & Winston.

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., Keller, J. M., & Russell, J. D. (2005). Principles of instructional design. Performance Improvement, 44(2), 44-46.

Hakim, T. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hoetomo, (2005). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.

Lauster, P. (2002). Tes kepribadian (alih bahasa: DH Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada

Oktavianti, O. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 5 di Kota Batam. JURNAL DIMENSI, 2(3).

Pradhana, D. Y., & Latifah, L. (2013). Pengaruh kosa kata bahasa Inggris, dasar komputer dan akuntansi terhadap prestasi belajar MYOB. Dinamika Pendidikan, 8(2).

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar pembelajaran perusahaan. Yogyakara: BEP.

Syaiful, B. D. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: IKIP Alfabeta.

Suparno, A. S. (2000). Membangun kompetensi belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.

Most read articles by the same author(s)

> >>