Pengembangan tes diagnostik kognitif mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3396Keywords:
tes diagnostik kognitif, IPA SMP, cognitive diagnostic testAbstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) mengembangkan tes diagnostik kognitif khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup, (2) mengetahui kesulitan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, (3) mengetahui konsistensi tes diagnostik kognitif yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah: model hipotetik divalidasi ahli, revisi I, uji coba terbatas, revisi II, uji coba agak luas, revisi III, uji coba luas, instrumen final, diseminasi produk. Analisis yang dilakukan meliputi: (1) analisis validitas butir dan reliabilitas dengan menggunakan anates. Dari hasil penelitian ini diperoleh 19 butir soal yang baik, dengan indeks reliabilitas soal pilihan jawaban 0,73 dan soal pilihan alasan 0,80. Lebih rinci capaian hasil belajar pada aspek kognitif: (1) C1 rata-rata 59,15%, 2)Â C2 rata-rata 65,41%, (3) C3 rata-rata 60,65%, (4) C4 rata-rata 51,2%.
Â
Developing of cognitive diagnostic test for the natural science subject in junior high school
Â
Abstract
The objectives of this development study are: (1) developing cognitive diagnostic test especially on classification of living things material, (2) finding out the difficulty in material the classification of living things, (3) looking at the consistency of developed cognitive diagnostic test. This research is a development research. The development procedures in this study are: hypothetical model validated expert, revision I, limited trial, revision II, somewhat broad trial, revision III, broad trial, final instrument, and product dissemination. The analyzes include: (1) analysis of the validity and reliability by using anates. From the results of this study obtained 19 items a good question, with a reliability index of multiple choice item is 0,73 and multiple choice of reasons is 0,80. More detailed achievement of learning outcomes on cognitive aspect: (1) C1 averages 59,15%, (2) C2 averages 65,41%, (3) C3 averages 60,65%, (4) C4 averages 51,2%..Downloads
References
Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Azwar, S. (2016). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dirjen Dikdasmen. (2007). Tes diagnostik . Jakarta: Depdiknas
Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.
Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Lestari, T. F. (2012). Persepsi guru matematika SMA Se-Kecamatan Kota Kabupaten Kudus mengenai pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sabillah, B. M. (2016). Analisis kompetensi pedagogik guru SDN Sungguminasa II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Subali, B. (2016). Pembaharuan sistem evaluasi dalam skala mikro dan skala makro pada pengajaran biologi di SMlJ. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9337
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suwarto (2013). Pengembangan tes diagnostik dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E.P. (2017). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, M. (2006). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Referensi
Yusuf, A.M. (2012). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.