Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggung jawab siswa SMP

Main Article Content

Amin Retnowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara yang dilakukan guru untuk mengukur sikap tanggung jawab  para siswa,(2) mengembangkan instrumen  yang baku/ layak untuk mengukur sikap tanggung jawab para siswa,(3) mengetahui  kecenderungan sikap tanggung jawab siswa SMP Negeri 2 Gamping dengan alat ukur model kuisioner yang dihasilkan. Penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian dan  pengembangan(Research and Development) atau sering disebut R&D. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dari (1) observasi dan wawancara pada beberapa guru dan menyusun produk awal;(2) Selanjutnya untuk di validasi dan dilakukan uji empirik beberapa kali sampai terbentuk instrumen final yang valid;(3) implementasi hasil instrumen final sikap tanggungjawab.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) yang dilakukan guru dalam mengukur sikap tanggungjawab belum terstandar,(2) peneliti telah menyususn insturmenyang baku dengan butir-butir yang valid 47 dengan nilai reliabiltas sebesar 0,945 dan uji analisis faktor  memdapatkan nilai KMO-MSA sebesar 0,762 dan terbentuk 10 faktor, (3) kecenderungan sikap tanggungjawab siswa SMP Negeri 2 Gamping termasuk berkecenderungan tinggi dengan nilai mean sebesar 150,59. 


Abstract

This study aims to (1) find out the ways in which teachers measure students 'attitudes, (2) develop a standard/feasible instrument to measure students' attitudes, (3) find out the attitudes toward the responsibility of Gamping 2 Public Middle School students with a questionnaire model measuring instrument produced. This research is using the type of research and development (Research and Development) or often called R & D. The steps of this study start from (1) observation and interviews with several teachers and compile the initial product; (2) Next to be validated and conducted empirical tests several times until a final, valid instrument is formed; (3) implementation of the final instrument results The results of this study indicate that (1) the teacher does in measuring the attitude of responsibility has not been standardized, (2) the researcher has arranged a standard installation with valid items 47 with a reliability value of 0.945 and a factor analysis test obtained a KMO-MSA value of 0.762 and 10 factors were formed, (3) the tendency of the attitude of responsibility of students of Gamping 2 Middle School including high tendency with a mean value of 150.59.

Article Details

How to Cite
Retnowati, A. (2019). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggung jawab siswa SMP. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3591
Section
Artikel

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.

Iskandar (2009) Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press

Kemdikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013SMP/MTs ilmu pengetahuan alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan.

Kunandar. (2013). Penilaian autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lickona, T. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter. Bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggungjawab.(Diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, A (2017) Pengembangan instrumen pengukuran nilai kemandirian terkait mata pelajaran matematika (Studi empirik di SMA Negeri 1 Sleman) Jurnal ust Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.Vol 5 No 1 (2017)(Diambil pada tanggal 26 Desember 2018 dari DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3297

Nugraha E W. (2016). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran IPA SMP (Studi empirik di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul). Jurnal ust Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 4(2) (2016). DOI:http://dx.doi.org/10.30738/wdpep.v4i2.2278

Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S..(2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Waruru L. (2017) Pengembangan instrumen pengukuran disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal ust Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.Vol 5 No 1 (2017)DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3294