Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan media kartu aksara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan menulis Aksara Jawa

Authors

  • Lestari Joeniarni SMP Negeri 2 Gamping, Indonesia
  • Mulyoto Mulyoto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.3646

Keywords:

Model Jigsaw, media kartu aksara, hasil belajar, menulis aksara Jawa, flash cards of letters, learning outcome, writing using Javanese alphabet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, kelebihan, dan kelemahan model pembelajaran tipe Jigsaw, dan melihat efektivitas penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan media kartu aksara dalam meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan menulis aksara Jawa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Gamping. Sumber data diperoleh dari siswa, tempat peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, tes tertulis dan analisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah model pembelajaran Jigsaw pada siklus II minat belajar siswa sebanyak 27 siswa atau 84,37 % mengalami peningkatan skor minat belajar dibandingkan dengan skor minat belajar sebelumnya. Kemudian hasil belajar siswa setelah pembelajaran tipe Jigsaw juga meningkat yaitu  pada siklus II sebanyak 28 siswa atau 87,5 % mempunyai nilai mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal).

 

The application of the Jigsaw learning model with script card media to increase interest and learning outcomes in Javanese writing skills

 

Abstract: The purpose of this study was to describe the application, advantages, and disadvantages of the Jigsaw-type learning model and see the effectiveness of the application of the Jigsaw-type learning model with script card media in increasing interest and learning outcomes in Javanese script writing skills in Javanese language subjects. This research is a class action research conducted in two cycles, and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were 32 students of class VIII D SMP Negeri 2 Gamping. Data sources were obtained from students, places where learning activities took place, and documentation. Data collection techniques and tools used were questionnaires, observations, interviews, written tests, and effectiveness analysis. The results showed that after the Jigsaw learning model in cycle II, student interest in learning as many as 27 students, or 84.37%, experienced an increase in learning interest scores compared to the previous learning interest scores. Then the learning outcomes of students after Jigsaw-type learning also increased, namely in cycle II, as many as 28 students, or 87.5%, had scores reaching KKM (minimum completeness criteria).  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badu, S. Q. (2013). Implementasi evaluasi model Kirkpatrick pada perkuliahan masalah nilai awal dan syarat batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1108

Djaali, D. (2007). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 64 Tahun 2013 tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa Sebagai Muatan Lokal Wajib Di Sekolah/Madrasah, Pub. L. No. 64 (2013).

Hopkins, D. (2011). Panduan guru penelitian tindakan kelas. Pustaka Pelajar.

Huda, S., Haryanto, S., & Chaerun, C. (2017). Implementasi model pembelajaran cooperative learning type jigsaw dalam rangka peningkatan motivasi dan prestasi pelajaran matematika pada siswa kelas VII MTsN Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3298

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Khuluqo, I. El. (2017). Belajar dan pembelajaran: konsep dasar, metode dan aplikasi nilai-nilai spiritualitas dalam proses pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Lisdianto, D., Masykuri, M., & Aminah, N. S. (2015). Pengembangan Integrated Contextual Module (ICM) untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa SMK pada pokok bahasan sifat mekanik bahan (Pembelajaran fisika di SMK Veteran 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 4(4), 2252–7893. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i4.9646

Nurgiyantoro, B. (2001). Menulis secara populer. Pustaka Jaya.

Ridwan, A., & Sumadi, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi, kreativitas, dan prestasi belajar IPA dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 44–48. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3219

Sadiman, A. S. (2003). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali.

Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.

Supridjono, A. (2012). Cooperative learning: Teori dan aplikasi Paikem. Pustaka Belajar.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Holistica.

Suyanto, A. J. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Esensi Erlangga Group.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Utami, R. (2015). Evaluasi efektivitas model kooperatif learning tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika kelas X di SMA N 1 Prambanan tahun 2012/2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 64–73. https://doi.org/10.30738/wd.v3i2.2141

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Joeniarni, L., & Mulyoto, M. (2022). Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan media kartu aksara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan menulis Aksara Jawa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 72–80. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.3646

Issue

Section

Artikel

Citation Check