Pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga dan minat kerja terhadap kesiapan kerja peserta didik sekolah menengah kejuruan

Etik Romdloniyati

Abstract


Penelitian  bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga dan minat kerja terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII bidang keahlian bisnis dan manajemen SMK Negeri se-Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Jenis  penelitian kuantitatif. Populasi  penelitian sejumlah 732 sampel sebesar 288  berpedoman pada formula 10%-55% dengan metode claster random sampling kelas. Teknik pengambilan data dengan menggunakan  kuesioner.  Hasil penelitian  menunjukkan  terdapat pengaruh positif  yang signifikan praktik kerja industri, lingkungan keluarga dan minat kerja terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII bidang kehlian bisnis dan manajeman SMK Negeri se-Kabupaten Sleman Tahun pelajaran 2018/2019 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja memberikan  sumbangan efektif sebesar  9,58% dan sumbangan relatif sebesar 47,84. Lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja memberikan  sumbangan efektif sebesar1,54% dan sumbangan relatif sebesar 7,69%. Minat Kerja terhadap kesiapan kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 8,90%  dan sumbangan relatif sebesar 44,47%. Terdapat pengaruh positif yang signifikan praktik kerja industri, lingkungan keluarga dan minat kerja secara bersama terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK, sumbangan efektif sebesar 19,2%.

 

Effect of Industrial Work Practics, Family Environment, and Work Readiness Student in the Business and Management Skills of Vocational High Schools

 

Abstract

The study aims to determine the effect of industrial work practices, family environment and work interest on work readiness of grade12 students in the field of business expertise and management of State Vocational Schools throughout Sleman Regency in the Academic Year 2018/2019. This type of research is quantitative. The population of this study was all students in grade 12 in the field of Business and Management expertise in the Vocational High School throughout Sleman Regency with a total of 732 samples of 288 by referring to the formula of 10% to 55% with the class claster random sampling method.Data collection techniques using a questionnaire. The results showed that there were significant positive influences on industrial work practices, family environment and work interest in the work readiness of 12th grade students in the field of business and management of State Vocational Schools throughout Sleman Regency in the 2018/2019 school year both individually and jointly. Industrial work practices on work readiness make an effective contribution of 9.58% and relative contributions of 47.84. The family environment for work readiness makes an effective contribution of 1.54% and the relative contribution is 7.69%. Work interest in work readiness provides an effective contribution of 8.90% and relative contribution of 44.47%. There is a significant positive influence on industrial work practices, family environment and joint work interest on vocational readiness of vocational students, effective contribution of 19.2%.


Keywords


praktik kerja industri; lingkungan keluarga; minat kerja; kesiapan kerja

Full Text:

Fulltext PDF

References


Chaplin, J.P. (1998). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Crow, & Crow, L (2009). Psikologi belajar. Surabaya : Bina Ilmu

Dalyono. (2005). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1999). Pedoman pelaksanaan kurikulum sekolah menengah kejuruan. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dikmenjur. (2013). Pedoman pelaksanaan prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.

Dirwanto, (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja. Jurnal Surakarta: Universitas Negeri Surakarta

Dirwanto. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2007/2008. (TESIS). Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Djaali. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ftitriyanto A. (2006). Ketidakpastian memasuki dunia kerja pendidikan, Jakarta: Dineka Cipta

Hamalik. (2007). Pendidikan tenaga kerja nasional kejuruan kewiraswastaan dan manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti

Hurlock. (2011). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Airlangga

Kartono K. (1996). Program bimbingan karir di sekolah. Jakarta: Proyek Pengembangan Tebaga Pendidik-Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Ketut. D (1994). Bimbingan karir di sekolah. Jakarta: LP3ES.

Munandir. (1991). Menyiapkan dan memandu karir. Jakarta: Rajawali Pers

Walgito B. (2002). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Yudiana, Daryati & Riyan (2018). hubungan praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa di Koperasi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Cibinong . Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 19(2), 2-9




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3692

DOI (Fulltext PDF): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3692.g3553

Article Metrics

Abstract view : 372 times
Fulltext PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats