Evaluasi keberhasilan pelaksanaan program adiwiyata

Authors

  • Catur Haryadi SMP Negeri 3 Godean Sleman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.3694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan program sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Godean ditinjau dari dimensi konteks, input, proses, dan produk.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP . Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Untuk memastikan validitas data penelitian dilakukan pemeriksaan data dengan metode trianggulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total dari seluruh komponen CIPP adalah 76,29. Komponen konteks yang meliputi landasan pelaksanaan program, tujuan dilaksanakan program dan perencanaan program memiliki andil sebesar 19,40%. Komponen input yang meliputi kurikulum, RKAS, tenaga pendidik, peserta didik, kegiatan lingkungan memiliki andil sebesar 52,30%. Komponen proses yang meliputi kegiatan belajar dan mengajar, kegiatan pengelolaan lingkungan dan kegiatan kemitraan memiliki andil sebesar 19,98%. Komponen produk yang meliputi keluaran, hasil dan dampak memiliki andil sebesar 4,37%. Sehingga dapat disimpulkan SMP Negeri 3 Godean Sleman memang layak diberi penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional karena nilai 76,29 berada pada rentang nilai yang dipersyaratkan Permen LH No. 5 Tahun 2013, yaitu 72 ssampai dengan 80.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-24

How to Cite

Haryadi, C. (2019). Evaluasi keberhasilan pelaksanaan program adiwiyata. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.3694

Issue

Section

Artikel

Citation Check