Upaya menumbuhkembangkan permainan tradisional bakiak dan egrang

Authors

  • Budi Istiningtyas SD Negeri Pogung Kidul, Indonesia
  • Ari Setiawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v8i2.3695

Keywords:

olahraga permainan tradisional, bakiak, egrang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan program, perencanaan, pelaksanaan, keberhasilan, dan pengelolaan upaya menumbuh kembangkan olahraga permainan tradisional bakiak dan egrang di SD Negeri Jumeneng Lor, Sumberadi, Mlati, Sleman 2017. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif penelitian ini dilakukan menggunakan studi kasus dengan dengan memfokuskan pada upaya menumbuh kembangkan olahraga permainan tradisional bakiak dan egrang di SD Negeri Jumeneng Lor. Data penelitian ini dapat digali dengan wawancara  dengan nara sumber sebagai informan, baik dari stakeholder di dalam sekolah, pengawas sekolah, maupun dari masyarakat sekitar sekolah dan wali murid. Pada pengamatan  dikembangkan dengan menggunakan trianggulasi data diperkuat dengan hasil observasi dan telaah dokumen yang ada. Dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa upaya menumbuh kembangkan olahraga tradisional bakiak dan egrang diadakan berdasarkan potensi sekolah ditunjang stakeholder yang kompak.  Dengan kejelian, kegigihan, dan semangat kepala sekolah beserta jajarannya untuk membekali siswanya supaya menumbuh kembangkan olahraga permainan tradisional bakiak dan egrang berhasil.

 

An effort to develop traditional sports egrang and bakiak

 

Abstract: The purpose of this study is to discover the reason for determination from the program, implementation, factors that make the program will be succeeded, and effort management to develop the traditional sport, bakiak and egrang in Jumeneng Lor elementary school.2017. This research was conducted using a qualitative descriptive approach using a case study focusing on efforts to develop traditional sports, bakiak and egrang in Jumeneng Lor Elementary School. Interviews collect the research data from stakeholders in the school, school supervisors, the community around the school, and student guardian. The process of data analysis is developed using data triangulation reinforced with the results of observations and a review of existing documents. From data that is collected shows that the efforts to develop traditional sports are carried out based on the right potential of the school and support by adequate stakeholders, especially carefulness, perseverance and enthusiasm of school principals and staff to increase the student's knowledge to develop traditional sports bakiak and egrang will be a success.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Choi, P. L., & Tang, S. Y. F. (2009). Teacher commitment trends: Cases of Hong Kong teachers from 1997 to 2007. Teaching and Teacher Education, 25(5), 767–777. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.01.005

Dharmamulya, S., Sumintarsih, S., & Rimanang, A. (2008). Permainan tradisional Jawa. Kepel Press.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Erlangga.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Kurniawan, M. R. (2018). Permainan tradisional Yogyakarta sebagai sumber belajar alternatif berbasis kearifan lokal bagi pembelajaran di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 98–111. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2697

Mulyani, S. (2013). 45 permainan tradisional anak Indonesia. Langgen Sari Publishing.

Poerwadarminta, W. J. S. (2017). Kamus umum bahasa Indonesia. Perpustakaan Perguruan Kementerian PP dan K.

Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, Pub. L. No. 3 (2005). https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/45.pdf

Salim, E. (2010). Ratusan bangsa merusak satu bumi. Penerbit Buku Kompas.

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta.

Sumiyati, S. (2017). Implementasi pendidikan berbasis keunggulan lokal studi kasus pengembangan program ekowisata Salto di SMA Negeri 1 Turi Sleman. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1 SE-Artikel), 76–82. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3292

Suratman, T. (2016). Strategi olahraga nasional abad ke-21. Rajawali Pers.

Widiana, I. W., Jampel, I. N., & Prawini, I. G. A. P. (2018). The effectiveness of traditional game-based communication learning activity for cognitive process dimension learning achievement. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 260–269. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85057437234&partnerID=40&md5=3fd5bced460074cb96b40b494b2154d2

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Istiningtyas, B., & Setiawan, A. (2020). Upaya menumbuhkembangkan permainan tradisional bakiak dan egrang. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 164–172. https://doi.org/10.30738/wd.v8i2.3695

Issue

Section

Artikel

Citation Check