Peningkatan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa sekolah dasar dengan metode role playing
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v8i2.3726Keywords:
Keywords, learning motivation, learning outcomes, Role Playing simulation, Civics.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada standar kompetensi memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, melalui model pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 tahun pelajaran 2017/2018 dengan metode Simulasi Role Playing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, terdapat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn. Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari pra siklus masih ada yang motivasi belajarnya rendah, pada siklus II tidak ada siswa yang motivasi belajarnya rendah. Hasil belajar siswa rata-rata kelas meningkat pada siklus I dan siklus II. Hal ini membuktikan bahwa melalui Metode Simulasi Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD.
Improving motivation and learning outcomes of civic education in elementary school students with the role-playing method
Abstract: This study aims to increase the motivation and learning outcomes of Civic Education on competency standards to understand the importance of the integrity of the Unitary State of the Republic of Indonesia, through a learning model in fifth-grade students of SD Negeri Kembangjitengan 2 years 2017/2018 lessons using the Role Playing Simulation method. This type of research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of four meetings, there are four steps, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of the study were all the fifth-grade students of SD Negeri Kembangjitengan 2, amounting to 30 students. The technique of collecting data through observation, tests, questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study is descriptive qualitative. The results showed an increase in civics motivation and learning outcomes. Increased student motivation in civics learning from pre-cycle there are still those with low learning motivation, in the second cycle, there were no students whose learning motivation was low. Student learning outcomes in a class increase in cycle I and cycle II. This proves that the Role Playing Simulation Method is able to increase the motivation and learning outcomes of Civic Education V graders.
Downloads
References
Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sekolah dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117–128. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan model VCT bermuatan nilai karakter meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199–210. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Hermawan, H., Samsuri, S., Kurniawati, D. P., Sofyaningsih, V., & Prasetyo, D. (2018). The use of controversial public issues with video and macromedia flash player media in civic education learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 19. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.2
Huda, S., Haryanto, S., & Chaerun, C. (2017). Implementasi model pembelajaran cooperative learning type jigsaw dalam rangka peningkatan motivasi dan prestasi pelajaran matematika pada siswa kelas VII MTsN Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3298
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untukmeningkatkan minat siswa dalam pembelajaranpengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 14.
Kurniasih, H. (2015). Penerapan model pembelajaran realistic mathematical education (RME) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Prembun tahun pelajaran 2014/2015. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(3), 193–199. https://doi.org/10.30738/wd.v3i3.2251
Prayitna, R. S. H. (2018). Pembelajaran STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar memprogram mesin CNC. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391
Ridwan, A., & Sumadi, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi, kreativitas, dan prestasi belajar IPA dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 44–48. https://doi.org/10.30738/wd.v5i1.3219
Syamsudin, A. (2015). Model penilaian afektif siswa sekolah dasar [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/25810/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.