Pengembangan instrumen pengukuran disiplin siswa

Main Article Content

Nung Indar Titik

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui proses pembakuan instrumen pengukuran disiplin siswa yang dapat menjelaskan validitas  isi, konstruk, dan konkuren. (2) mengetahui disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan  yang mengembangkan instrument pengukuran disiplin siswa di sekolah. Prosedur pengembangan mengacu pada model Mardapi, yaitu menentukan spesifikasi, penulisan instrumen, menentukan skala, menentukan system penskoran, menelaah, melakukan uji coba, menganalisis, merakit, melaksanakan pengukuran, menafsirkan hasil pengukuran.Uji validitas isidibuktikan melalui expert judgment dianalisis dengan teknik Delphi.Validitas konstruk dan konkuren dibuktikan dengan program SPSS. Subjek penelitian adalah  kelas 10 yang berjumlah 244 siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Uji validitas isi oleh ahli/praktisi bahwa semua butir angket sudah sesuai dengan isi dan konstruksinya, sedangkan dari tata bahasa mudah dipahami siswa. Uji validitas konstruk menghasilkan KMO sebesar  0,920, dan terbentuk 5 (lima) faktor baru, sehingga menghasilkan instrumen pengukuran disiplin siswa di sekolah berjumlah 25 butir. Uji validitas konkuren sebesar 0.882. Hasil akhir instrumen dengan reliabilitas sebesar  0.947, (2) kecenderungan pengukuran  disiplin siswa sebesar 81,25 dalam kategori sangat tinggi.

 

Abstract

The purpose of this study are to: (1) determine the standardization process of student discipline measurement instrument that can explain the validity of content, constructs, and concurrency.(2) knowing student discipline.This type of research is research and development that develops student discipline measurement instrument in schools. The development procedure refers to the Mardapi model, which is specifying specifications, writing instruments, determining the scale, determining the scoring system, reviewing, testing, analyzing, assembling, carrying out measurements, interpreting measurement results.Test of the content validity is proven through expert judgment and analyzed by the Delphi technique.Construct and concurrent validity is proven by the SPSS program.The research subjects were class 10 which amounted to 244 students.The results of the study are as follows: (1).Test the content validity by experts / practitioners that all questionnaires are in accordance with the content and construction, while the students understand it grammatically.The construct validity test resulted in a KMO of 0.920, and formed 5 (five) new factors, resulting in a 25 item measurement instrument for student discipline in the school.Concurrent validity test is 0.882.The final result of the instrument with reliability is 0.947, (2) the tendency of measuring student discipline is 81.25 in the very high category.

Article Details

How to Cite
Titik, N. I. (2019). Pengembangan instrumen pengukuran disiplin siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3733
Section
Artikel

References

Apriani, A.-N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh SSP tematik-integratif terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/JPE.V3I1.4061

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (5th ed.). Bumi Aksara.

Atheva, A. (2007). Perilaku baik sehari-hari. CV Aneka Ilmu.

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162–174. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar.

Daryanto, D. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Yrama Widya.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM dan SPSS. Universitas Diponegoro.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Alfabeta.

Imron, A. (2011). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Bumi Aksara.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. (2018). Keputusan Kepala MAN 1 Yogyakarta nomor 19 tahun 2018 tentang tata tertib siswa MAN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2018/2019.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Mitra Cendikia Offset.

Ningrum, M. N., Dewi, N. R., & Parmin, P. (2018). Pengembangan modul pop-up berbasis inkuiri terbimbing pada tema tata surya untuk kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/JIPI.V4I1.14439

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 32 tahun 2013, tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, Pub. L. No. 32, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2013).

Rosa, F. O. (2015). Analisis kemampuan siswa kelas X pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24–28. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2967

Sanderi, F., & Sukmawati, I. (2013). Kepatuhan siswa terhadap disiplin dan upaya guru BK dalam meningkatkannya melalui layanan informasi. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211008-0-00

Setiawan, A., Fajaruddin, S., & Andini, D. W. (2019). Development an honesty and discipline assessment instrument in the integrated thematic learning at elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 9–19. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.23117

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk penelitian. Pustaka Baru Press.

Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia.

Sukardi, H. M. (2008). Evaluasi pendidikan: Prinsip dan operasionalnya. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar.

Zuriah, N. (2011). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan: Menggagas platfom pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Bumi Aksara. https://doi.org/2011