Evaluasi penyelenggaraan lima hari sekolah

Yunan Helmi Subroto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan penyelenggaraan lima hari sekolah di SMA Negeri 1 Ngemplak yang meliputi proses, kesiapan dan hambatan yang muncul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif deskriptif dengan menggunakan model CIPP (context, Input, Process, Product). Subjek penelitian adalah warga sekolah, terdiri dari 370 siswa, 27 guru dan 7 tata usaha. Metode pengambilan data dengan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Penyelenggaraan lima hari sekolah di SMA Negeri 1 Ngemplak tergolong berhasil, dengan rata-rata perolehan skor sebesar 2,87. Ditinjau dari dimensi kontek, input dan proses termasuk berhasil dengan rata-rata perolehan skor masing-masing sebesar 3,01, 2,84, dan 2,95. Sedangkan pada dimensi produk termasuk dalam kategori cukup, dengan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 2,68. Hambatan selama proses penyelenggaraan lima hari sekolah berupa jumlah kantin dan staf TU belum mencukupi, serta guru yang belum bisa membawakan pembelajaran dengan kreatif dan menarik, sehingga berdampak pada kondisi fisik dan psikis siswa berupa rasa bosan, letih dan mengantuk.

 

Abstract

This study aims to determine the extent of the successful implementation of five school days in Ngemplak 1 Senior High School which includes the processes, readiness, and obstacles that arise. This study belongs to the category of descriptive, evaluative research using the evaluation model of CIPP (Context, Input, Process, Product). The study was conducted at Ngemplak 1 Senior High School which has 370 students, 27 teachers, and 7 staffs. Data was taken using techniques: questionnaires, interviews, documentation, and observation. The research data was then analyzed using descriptive analysis techniques. The results of this study showed that the holding of five schools was successful, with an average score of 2.87. Judging from the dimensions of the context, inputs, and processes including the successful category with an average score of 3.01, 2.84, and 2.95 respectively. While the dimensions of the product are included in the sufficient category, with an average score of 2.68. Obstacles during the process of organizing five school days in the form of the number of canteens and education personnel that are still insufficient, and teachers who have not been able to bring learning creatively and attractively, which have an impact on both students' psychic and physical such as boredom, fatigue, and sleepiness.


Keywords


Evaluasi; lima hari sekolah; pendidikan karakter; pengembangan diri; evaluation; five days school; character education; self-development

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Aldapit, E., & Suharjana, S. (2019). CIPP evaluation model for the coaching program of running athletes. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 104-116. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v1i2.10

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Austrian Development Agency, Evaluation Unit. (2009). Guidelines for project and programme evaluations. Vienna: Austrian Development Agency.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyani, F., & Robiasih, R. (2019). An evaluation of Muhadatsah Program at Pondok Modern Daarul Abror using CIPP Model. Journal of Applied Linguistics, Translation, and Literature, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.26486/jalintrali.v1i1.54

Handayani, N.M. (2017). Evaluasi pelaksanaan program lima hari sekolah di SMK Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Teknik Mesin FKIP UNS: 1-12. https://eprints.uns.ac.id/34773/.

Ikhwandhia, M., & Santoso, D. (2016). Persepsi guru dan siswa terhadap efektivitas pembelajaran dengan program sekolah lima hari (PS5H) di SMK Negeri 1 Magelang. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(2), 52-58.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2017 tentang hari sekolah

Presiden Republik Indonesia. (2003) Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Riany, Y. E. (2017). Menimbang ulang kebijakan sekolah lima hari. Retrived from https://nasional.sindonews.com/read/1220534/18/menimbang-ulang-kebijakan-sekolah-lima-hari-1499967756.

Sukarman, S. (2017). Reaktualisasi konsep tri pusat pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam perspektif pendidikan islam bagi generasi milineal. Progres: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-24.

Sukmadinata, N.S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistyawati, S., & Guntur, G. (2019). Sports education learning program evaluation in senior high school. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(1), 22-33. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v2i1.31

Suryati, A., & Haryanto, S. (2016). Evaluasi pelakasanaan program pendidikan inklusif di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 187-193. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v4i2.2277

Suwendi. (2017). Menggeser dari 5 hari sekolah menuju pendidikan karakter. Retrived from http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/17/06/23/orzqaf257-menggeser-dari-5-hari-sekolah-menuju-pendidikan-karakter.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3762

DOI (FULLTEXT PDF): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3762.g3188

Article Metrics

Abstract view : 243 times
FULLTEXT PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats