Metode project-based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar berwirausaha pada pembelajaran prakarya kewirausahaan

Wahyu Budi Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar berwirausaha pada siswa melalui penerapan metode pembelajaran aktif project-based learning, yang dilakukan pada siswa kelas XII Multimedia 1 berjumlah 40 siswa sebagai sasaran tindakan, dan guru mata pelajaran Prakarya Kewirausahaan sebagai peneliti. Tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase yaitu menghitung keaktifan siswa dan nilai ketuntasan belajar tiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat dan prestasi belajar berwirausaha melalui metode pembelajaran project-based learning. Pada siklus I minat belajar berwirausaha yang ditunjukkan hasilnya sebesar 61,05 % dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 72,11 %. Dan prestasi belajar siswa ditunjukkan pada siklus I sebesar 72,89 % yang mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83,85 %.

 

Abstract

The purpose of this study was to increase the interest and learning achievement of entrepreneurship in students through the application of project based learning methods, which were conducted on students of class XII Multimedia 1 totaling 40 students as action targets, and Entrepreneurship Workshop subject teachers as researchers. This class action consists of two cycles with three meetings in each cycle. Data collection is done by observation, interviews and documentation. Data analysis in this study uses quantitative descriptive analysis techniques with percentages, namely calculating student activity and the value of completeness learning each student. The results showed that the increase in interest and learning achievement of entrepreneurship through project based learning learning methods. In the first cycle, the entrepreneurship learning interest shown by the results was 61.05% and an increase in the second cycle was 72.11%. And student learning achievement is shown in the first cycle of 72.89% which experienced an increase in the second cycle of 83.85%.


Keywords


Metode Pembelajaran Aktif; Project-Based Learning; Minat; Prestasi Belajar Berwirausaha

Full Text:

Fulltext PDF

References


Anwar, M. (2014). Pengantar kewirausahaan teori dan aplikasi. Jakarta: Prenada.

Arikunto, A. (2011). Penelitian tindakan kelas, (edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Inpres No. 4 Tahun 1995, Kewirausahaan, Dalam lampiran Inpres No.4 Tahun 1995

Kirkpatrick, D., & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating training programs: The four levels. Berrett-Koehler Publishers.

Rahayuningsih, R., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31-40. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Sarwoedi, S., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh problem-based learning berbasis etnomatematika Rejang Lebong terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 31-34. doi:http://dx.doi.org/10.33292/amm.v1i1.39

Subandono, A. (2007). Pengaruh pembelajaran life skill diklat kimia produktif dan prestasi belajar diklat kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Sulaeman, M. (2004). Aplikasi project-based learning untuk membangun ketrampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jakarta: Bioma Pustaka.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3766

DOI (Fulltext PDF): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i1.3766.g3592

Article Metrics

Abstract view : 354 times
Fulltext PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats