Evaluasi program praktik kerja lapangan sekolah menengah kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.4018Keywords:
Evaluasi Program Model CIPP, Praktik Kerja Lapangan, The Evaluation Program Model CIPP, On The Job TrainingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Praktik Kerja Lapangan di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen yang meliputi kesiapan, pelaksanaan dan manfaat. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi program menggunakan model CIPP (Contex, Input, Process dan Product). Penelitian ini dilakukan di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Studi Teknik Ototronik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) secara umum pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen berjalan sesuai dengan petunjuk teknis dan pelaksanaan, (2) evaluasi konteks aspek kualitas awal siswa sangat sesuai, aspek pelaksanaan sesuai dengan kebijakan dan tujuan program yang ditetapkan, aspek kesiapan pengelolaan sangat berhasil.(3) secara input upaya peningkatan kompetensi siswa berhasil,upaya peningkatan kesiapan pengelolaan sangat berhasil dan upaya peningkatan kesiapan kompetensi guru berhasil, (3) evaluasi proses disimpulkan faktor penghambat Praktik Kerja Lapangan tidak sesuai, faktor pendukung yang berupa sarana prasarana sekolah, instruktur, guru pembimbing sangat mendukung, pelaksanaan penilaian sesuai dengan kriteria penilaian yang ditentukan, (4) evaluasi produk aspek kualitas siswa setelah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan meningkat, manfaat program Praktik Kerja Lapangan sangat sesuai dengan tujuan.
Â
The practising evaluation of on job training in vocation high school
Â
Abstract
The Research program aims to evaluate The Practicing on Job Training Program in Vocation High School (SMK) of Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen consist of preparation, realization and benefit of The kind of research of evaluation program use the CIPP models (Context, Input, Process and Product). The research is done in Vocation High School (SMK) of Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. The research subject is student XI electronic engineering program. Collecting data with the observation method, interview and documentation. Based of the research end can be concluded that (1) in general processing of Job Training in Vocation High School (SMK) of Taman Karya Madya PertambanganKebumen can be done smoothly, full of instruments and the benefit generated is appropriate, (2) context evaluation for the first quality of the students are very supported to join on the job training the realization of Job Training is very suitable with the wisdom and the aim on the Job Training which is settled in Vocational High School (SMK) of Taman Karya Madya Pertambangan, aspect of processing preparation on the Job Training is very succeeded(3) input evaluation the reach of competence student is high, the reach of processing preparation is high, and the preparation of teacher competency is succeeded, (4) produce evaluation can be concluded that quality aspect of students after taking on The Job training, the student competence is higher, the benefit of on the job training is appropriate.
Downloads
References
Ahmadi, H. A., & Uhbiyati, N. (2001). Ilmu pendidikan. Rineka Cipta.
Aldapit, E., & Suharjana, S. (2019). CIPP evaluation model for the coaching program of running athletes. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.10
Anwar, A. (1999). Pelaksanaan program pendidikan sistem ganda pada SMK di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi program pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Departemen Pertanian Republik Indonesia. (1989). Sistem monitoring dan evaluasi proyek-proyek pembangunan pertanian dan perdesaan. Departemen Pertanian Badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian.
Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2015).
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. UNY Press.
Musa, S. (2005). Evaluasi program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Y-PIN Indonesia.
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP model for evaluation. In International Handbook of Educational Evaluation (pp. 31–62). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-010-0309-4_4
Suryati, A. E., & Haryanto, S. (2016). Evaluasi pelakasanaan program pendidikan inklusif di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 187–193. https://doi.org/10.30738/WDPEP.V4I2.2277
Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar. https://doi.org/2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.