Kontribusi pengalaman mengajar, kompetensi guru dan motivasi bekerja terhadap profesionalisme guru SMK

Main Article Content

Tri Yulianto

Abstract

Tujuan penelitian meliputi: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi pengalaman mengajar, kompetensi guru dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMK (2) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi pengalaman mengajar secara parsial terhadap profesionalisme guru SMK. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi kompetensi guru secara parsial terhadap profesionalisme guru SMK (4) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi motivasi guru secara parsial terhadap profesionalisme guru di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Populasi penelitian ini 77 guru dengan sampel 44 guru SMK Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Pengalaman mengajar, kompetensi guru dan motivasi kerja berkontribusi positif yang signifikan secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru (2) Pengalaman mengajar guru berkontribusi positif yang signifikan secara parsial terhadap profesionalisme guru (3) Kompetensi guru berkontribusi positif yang signifikan secara parsial terhadap profesionalisme guru (4) Motivasi kerja berkontribusi positif yang signifikan secara parsial terhadap profesionalisme guru.

 

Teaching experience contributions, teacher competence and motivation to work on vocational professionalism

 

Abstract

The research objectives include: (1) To find out whether there is a contribution of teaching experience, teacher competence and teacher motivation together towards the professionalism of vocational teachers (2) To determine whether there is a partial contribution of teaching experience to the professionalism of vocational teachers. (3) To find out whether there is a partial contribution of teacher competence to the professionalism of vocational teachers (4) To determine whether there is a partial contribution of teacher motivation to the professionalism of teachers in Vocational Schools. This type of research is quantitative research. The study was conducted at YPE Sawunggalih Vocational School Kutoarjo, Kutoarjo District, Purworejo Regency. The study population was 77 teachers with a sample of 44 vocational teachers. Data collection methods used were documentation and questionnaires. Analysis prerequisite test using normality test, linearity test and multicollinearity test. The data analysis technique used is multiple regression analysis. The results of this study show: (1) teaching experience, teacher competence and work motivation contribute positively significantly together to teacher professionalism (2) teacher teaching experience contributes positively significant partially to teacher professionalism (3) teacher competency contributes positively partially significant towards teacher professionalism (4) Work motivation contributes positively, partially significant to teacher professionalism.

Article Details

How to Cite
Yulianto, T. (2019). Kontribusi pengalaman mengajar, kompetensi guru dan motivasi bekerja terhadap profesionalisme guru SMK. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 95–106. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.4164
Section
Artikel

References

Field, A. P. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics: And sex and drugs and rock n' roll (4th ed.). London: Sage.

Mulyasa, E (2004). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakter, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2013). Standar kompetensi dan kompetensi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rahayuningsih, R., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31-40. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Rully, I., & Poppy Y. (2016). Metodologi penelitian kuntitatif, kualitatif, campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sigit, S. (2003). Pengantar metodologi penelitian sosial-bisnis-manajemen. Yogyakarta: FE UST

Sugiyono, S. (2012). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono, S. (2015). Metodologi penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono, S. (2017). Metodologi penelitian kuantitif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Suyanto, S. (2013). Menjadi guru profesional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di Era Global. Jakarta: Erlangga

Suyanto, W., & Samidjo, S. (2016). Pengaruh manajemen kepala sekolah, profesionalisme guru, dan motivasi berprestasi terhadap efektivitas kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 54-62. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v4i1.2259