Kontribusi tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga siswa sekolah menengah kejuruan

Main Article Content

Purwadi Puwadi

Abstract

Tujuan penelitian meliputi: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar, dan kompetensi profesionalisme guru,  secara bersama-sama terhadap hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga  pada siswa SMK. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya  kontribusi tingkat pendidikan orang tua  secara parsial terhadap hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga pada siswa SMK; (3) Untuk mengetahui ada tidaknya  kontribusi motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga pada siswa SMK; (4) Untuk mengetahui ada tidaknya  kontribusi profesionalisme guru secara parsial terhadap hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga pada siswa SMK; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini 126 siswa dengan sampel 96 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar dan profesionalisme guru  berkontribusi. (2) tingkat pendidikan orang tua berkontribusi positif  yang signifikan secara parsial terhadap hasil  belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga siswa (3) motivasi belajar berkontribusi positif  yang signifikan secara parsial terhadap hasil  belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga siswa  (4) profesionalisme guru  berkontribusi positif  yang signifikan secara parsial terhadap hasil  belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga siswa.

 

Contribution of parental education levels, motivation to learn and teacher professionalism to maintenance learning outcomes chasis and transfer of vocational student workers

 

Abstract

The research objectives include: (1) To determine whether there is a contribution of the level of parental education, learning motivation, and professional competence of teachers, together towards the learning outcomes of chassis maintenance and transfer of power to vocational students. (2) To determine whether there is a contribution of parental education level to the learning outcomes of chassis maintenance and transfer of power to vocational students; (3) To find out whether there is a contribution of partially learning motivation to the learning outcomes of chassis maintenance and transfer of energy to vocational students; (4) To find out whether there is a partial contribution of teacher professionalism to the learning outcomes of chassis maintenance and transfer of power to vocational students; This type of research is quantitative research. The study population was 126 students with a sample of 96 students. Data collection methods used were documentation and questionnaires. Analysis prerequisite test using normality test, linearity test and multicollinearity test. The results of this study show: (1) the level of education of parents, learning motivation and professionalism of teachers contributing. (2) the level of education of parents contributes positively significantly partially to the learning outcomes of chasis maintenance and transfer of students (3) learning motivation contributes positively which is partially significant to the learning outcomes of chasis maintenance and transfer of students (4) teacher professionalism contributes positively to partially significant towards the results of learning chassis maintenance and transfer of student energy.

Article Details

How to Cite
Puwadi, P. (2019). Kontribusi tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga siswa sekolah menengah kejuruan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 133–143. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.4200
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage.

Presiden Republik Indonesia (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Rahayuningsih, R., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31-40. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Subini, N. (2012). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Suyanto, W., & Samidjo, S. (2016). Pengaruh manajemen kepala sekolah, profesionalisme guru, dan motivasi berprestasi terhadap efektivitas kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 54-62. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v4i1.2259