Evaluasi program manajemen mutu pendidikan di SMK Sawunggalih Kutoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.4624Keywords:
Evaluasi, Program Manajemen Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program SMM ISO 9001:2015- konteks; (2) Komponen masukan; (3) Komponen proses dan; (4) Komponen hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model Miles, dan Bodgan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: evaluasi pelaksanaan program SMM ISO 9001:2015 di SMK Sawunggalih Kutoarjo secara umum berhasil dengan baik. (1) Aspek kontek, yaitu adanya kebutuhan untuk melaksanaan manajemen mutu berbasis manajamen mutu SMM ISO 9001:2015 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Sawunggalih Kutoarjo. (2) Aspek masukan, yaitu ketersediaan sarana dan prasarana sebagai penunjang terlaksananya program SMM ISO 9001:2015 serta pelaksana program yang kompeten, adanya program kerja, serta guru dan karyawan sudah membudayakan penerapan manajemen mutu yang sesuai dengan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2015. (3) Aspek proses yaitu adanya proses pelaksanaan program, ini terbukti dengan adanya dokumen pelaksanaan program kerja yang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan SMM ISO 9001:2015. (4) Aspek produk yaitu adanya hasil dari program kerja yang sudah direncanakan yang sesuai SMM ISO 9001:2015.
Abstract: This study aims to determine the implementation of the ISO 9001: 2015 QMS program at Sawunggalih Kutoarjo Vocational School through four components, namely: (1) Component context, (2) Components of input, (3) Process components, and (4) Components of results. This research is an evaluative study with a descriptive qualitative approach. The technique of collecting data is by interview, observation, and documentation. Test the validity of the data by triangulating the sources and techniques of data analysis using the Miles model and Bodgan. (1) Aspects of context, namely the need to implement quality management based on quality management of ISO 9001: 2015 QMS which aims to improve the quality of education at Sawunggalih Kutoarjo Vocational School. (2) Input aspects, namely the availability of facilities and infrastructure to support the implementation of the ISO 9001: 2015 QMS program, as well as competent program implementers, work programs, and teachers and employees, have cultivated the application of quality management in accordance with the ISO 9001: 2015 quality management system. (3) Process aspects, namely the existence of a program implementation process, are evidenced by the document implementation of work programs that are in accordance with the time that has been set based on ISO 9001: 2015 QMS. (4) Product aspects, namely the results of planned work programs in accordance with ISO 9001: 2015 QMS.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.