Evaluasi program manajemen mutu pendidikan di SMK Sawunggalih Kutoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.4624Keywords:
evaluasi, program manajemen mutu pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program SMM ISO 9001:2015 di SMK Sawunggalih Kutoarjo melalui empat komponen, yaitu: 1) Komponen konteks, 2) Komponen masukan, 3) Komponen proses dan 4) Komponen hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model Miles, dan Bodgan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: evaluasi pelaksanaan program SMM ISO 9001:2015 di SMK Sawunggalih Kutoarjo secara umum berhasil dengan baik. 1) Aspek kontek, yaitu adanya kebutuhan untuk melaksanaan manajemen mutu berbasis manajamen mutu SMM ISO 9001:2015 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Sawunggalih Kutoarjo. 2) Aspek masukan, yaitu ketersediaan sarana dan prasarana sebagai penunjang terlaksananya program SMM ISO 9001:2015 serta pelaksana program yang kompeten, adanya program kerja, serta guru dan karyawan sudah membudayakan penerapan manajemen mutu yang sesuai dengan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2015. 3) Aspek proses yaitu adanya proses pelaksanaan program, ini terbukti dengan adanya dokumen pelaksanaan program kerja yang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan SMM ISO 9001:2015. 4) Aspek produk yaitu adanya hasil dari program kerja yang sudah direncanakan yang sesuai SMM ISO 9001:2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.