Evaluasi Keberhasilan Pelaksanaan Program Kurikulum 2013 di SMK Taman Karya Madya Teknik Tamansiswa Purworejo

Trio Wandoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1)  evaluasi keberhasilan pelaksanaan Program / Implementasi Kurikulum 2013 dari aspek konteks (2)  proses, (3) produk, (4) kendala yang dihadapi dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan Program/Implementasi Kurikulum 2013 di SMK TKM Purworejo dilihat dari aspek input. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala SMK TKM Teknik Purworejo, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Kesiswaan  dan pamong belajar di SMK TKM Teknik Purworejo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dengan mengolah informasi untuk penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan serta terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi dari hasil data yang telah dianalisis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keberhasilan pelaksanaan program/implementasi kurikulum 2013 di SMK TKM Tamansiswa Purworejo ditilik dari aspek konteks termasuk dalam kondisi siap melaksanakan Kurikulum 2013 dengan dukungan sarana prasarana, pamong belajar, komite sekolah dan semua stakeholder yang ada. (2) Ditilik dari aspek proses termasuk dalam kategori berhasil dengan persentase sebesar 82,61 %. (3)  Dari aspek produk meliputi : kegiatan mengamati terdapat (90,23 % dengan kategori berhasil), menanya (83,33 % dengan kategori sangat berhasil), mencoba (85,71% dengan kategori sangat berhasil), menalar (51,72 % dengan kategori berhasil)  dan mengkomunikasikan (64,58 % dengan kategori berhasil), (4)  Kendala yang dihadapi dari aspek input adalah kendala dalam penyusunan RPP dan silabus dengan pendekatan saintifik, student center dan menyenangkan. Guru-guru yang sudah tua dan merasa kurang memiliki kemampuan dalam bidang teknologi informasi, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan pendekatan saintifik.

Keywords


evaluasi, program, kurikulum



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i2.5016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats