Evaluasi Keberhasilan Pelaksanaan Program Kurikulum 2013 di SMK Taman Karya Madya Teknik Tamansiswa Purworejo

Authors

  • Trio Wandoyo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.5016

Keywords:

Evaluasi, Program, Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: evaluasi keberhasilan pelaksanaan Program/Implementasi Kurikulum 2013 dari aspek konteks, proses, produk, dan kendala yang dihadapi dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan Program Kurikulum 2013 di SMK TKM Purworejo dilihat dari aspek input. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala SMK TKM Teknik Purworejo, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Kesiswaan dan pamong belajar di SMK TKM Teknik Purworejo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dengan mengolah informasi untuk penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan serta terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi dari hasil data yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keberhasilan pelaksanaan program/implementasi Kurikulum 2013 di SMK TKM Tamansiswa Purworejo ditilik dari aspek konteks termasuk dalam kondisi siap melaksanakan Kurikulum 2013 dengan dukungan sarana prasarana, pamong belajar, komite sekolah dan semua stakeholder yang ada. (2) Ditilik dari aspek proses termasuk dalam kategori berhasil; (3) Dari aspek produk meliputi: kegiatan mengamati dengan kategori berhasil, menanya dengan kategori sangat berhasil, mencoba dengan kategori sangat berhasil, menalar dengan kategori berhasil, dan mengkomunikasikan dengan kategori berhasil, (4) Kendala yang dihadapi dari aspek input adalah kendala dalam penyusunan RPP dan silabus dengan pendekatan saintifik, student center dan menyenangkan. Guru-guru yang sudah tua dan merasa kurang memiliki kemampuan dalam bidang teknologi informasi, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan pendekatan saintifik.

 

Abstract: This study aims to describe: an evaluation of the successful implementation of the 2013 Curriculum/Implementation Program from aspects of the context, process, products, and constraints faced in achieving the success of the 2013 Program/Implementation Curriculum in TK Purworejo Vocational Schools from the input aspect. This research uses a descriptive qualitative approach. The research subjects were the head of the Purworejo Technical TKM Vocational School, Deputy Head of Curriculum Affairs, Student Affairs, and tutors studying at the Technical Vocational School of TKM Purworejo. Data collection uses observation, interview, and documentation techniques. Data analysis uses four stages, namely data collection, data reduction, data presentation by processing information to draw conclusions and take action, and finally, drawing conclusions or verification from the results of the data that has been analyzed. The results showed that: (1) The successful implementation of the 2013 curriculum program at TKM Tamansiswa Purworejo Vocational School was viewed from the context aspect, including being ready to carry out the 2013 Curriculum with the support of infrastructure, learning officials, school committees and all existing stakeholders. (2) Judging from the aspect of the process included in the successful category. (3) From the product aspect include: observing activities with successful categories, asking questions with very successful categories, trying with very successful categories, reasoning with the category of success, and communicating with the category of success, (4) The constraints faced by the input aspect are obstacles in the preparation of the RPP and syllabus with a scientific approach, student center, and fun. For teachers who are old and feel a lack of ability in the field of information technology, the learning process still uses the lecture method and lacks the scientific approach.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Wandoyo, T. (2019). Evaluasi Keberhasilan Pelaksanaan Program Kurikulum 2013 di SMK Taman Karya Madya Teknik Tamansiswa Purworejo. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.5016

Issue

Section

Artikel

Citation Check