Implementasi evaluasi pasca pembelajaran model Kirkpatrick level 1, 2 dan 3 pada pelatihan bendahara pengeluaran di Balai Diklat Keuangan Makassar

Azwar Iskandar, Tenry Nur Amriani

Abstract


Penelitian ini  dilaksanakan dengan tujuan: (1) mengevaluasi kepuasan peserta diklat terhadap pengajar dan penyelenggaraan diklat; (2) mengevaluasi learning gain atau peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap peserta setelah mengikuti pelatihan; (3) menganalisis dan mengevaluasi implementasi hasil diklat setelah kembali ke unit kerja; dan (4) mengidentifikasi kendala yang menghambat penerapan hasil pelatihan. Penelitian ini  menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t-paired dengan pendekatan model Evaluasi Kirkpatrick Level 1, 2 dan 3 melalui instrumen penelitian berupa kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa : (1) keseluruhan aspek evaluasi penyelenggaraan dinilai oleh peserta dengan kategori Sangat Baik meskipun belum dapat memenuhi tingkat harapan dari peserta yang ditunjukkan dengan angka rata-rata di bawah 100%. Di sisi lain, keseluruhan aspek evaluasi pengajar telah dapat memenuhi harapan dari peserta; (2) seluruh peserta telah mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan setelah mengikuti diklat/pelatihan; (3) pelatihan mampu meningkatkan kompetensi alumni dalam mendukung pekerjaan alumni setelah kembali ke unit kerja. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata total persepsi responden alumni terkait perubahan kompetensi sebelum dan setelah mengikuti pelatihan adalah sebesar 4,54 dan 6,52 (dari skala 1-10). Hasil uji t-paired menunjukkan hal yang sama bahwa program pelatihan yang dilakukan berhasil dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam peningkatan kompetensi alumni; dan (4) Kendala terbesar yang dialami alumni dalam penerapan materi diklat di tempat kerja adalah bahwa mereka tidak mendapatkan penugasan yang berhubungan dengan pelatihan atau fungsi bendahara.


Keywords


evaluasi; pelatihan; peserta; kirkpatrick; kinerja



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v7i2.6008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats