Evaluasi keberhasilan pelaksanaan program full day school di SD Joannes Bosco Baciro Yogyakarta

Authors

  • Margaretha Vebrencia Babo Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Samsi Haryanto Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.6453

Keywords:

Full Day School (FDS), Evaluasi Program, Model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keberhasilan pelaksanaan program Full Day School (FDS) di SD Joannes Bosco Baciro Yogyakarta, apabila dikaitkan dengan pedoman pelaksanaan dan kendala dalam pelaksanaan program FDS. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebaem dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan evaluasi pelaksanaan program FDS menunjukkan bahwa (1) Keberhasilan pelaksanaan program FDS terkait dengan kesiapan input Sumber Daya Manusia (SDM) di SD Joannes Bosco termasuk kategori yang baik. (2) Kesiapan Sarana Prasarana termasuk pada kategori baik. (3) proses pelaksanaan program FDS termasuk pada kategori sangat baik. (4) Evaluasi hasil menunjukkan bahwa prestasi akademik baik. Prestasi non akademik sangat baik dilihat daftar lomba yang diikuti (5) kendala dalam pelaksanaan FDS yakni kurangnya waktu mengajar karena materi banyak dan susah sedangkan waktunya sedikit, guru-guru lebih banyak tidak menggunakan metode penilaian dan model pembelajaran yang dianjurkan K13 dan perlu adanya penanaman kembali kepada guru-guru fungsi, manfaat, tujuan yang didapat dalam pelaksanaan program FDS dan K13. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar program terus dilanjutkan dengan memperbaiki sistem perencaan manajemen FDS.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-24

How to Cite

Babo, M. V., & Haryanto, S. (2019). Evaluasi keberhasilan pelaksanaan program full day school di SD Joannes Bosco Baciro Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.6453

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>