Pengembangan instrumen evaluasi sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar

Authors

  • Ririn Septiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.6551

Keywords:

pengembangan instrumen, penilaian sikap, tanggung jawab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen evaluasi sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar yang baku dan mengetahui hasil pengukuran sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian berada di Gugus Taruna Krida Kecamatan Sawangan yang terdiri dari SD Negeri Gantang 1, SD Negeri Gantang 2, SD Negeri Jati 1, SD Negeri Jati 2, SD Negeri Jati 3, SD Negeri Butuh 1 dan SD Negeri Butuh 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 89 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan korelasi product moment, analisis hasil angket dengan menghitung korelasi skor butir dengan skor total, pengujian validitas konkuren, analisis faktor, dan statistik deskriptif menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki sikap tanggung jawab kategori tinggi ada 16 siswa, kategori sedang 62 siswa, dan kategori rendah sebanyak 11 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap tanggung jawab siswa kelas V sekolah dasar Gugus Taruna Krida pada kategori sedang yaitu sebanyak 62 siswa dengan presentase 70%.

 

Development of evaluation instrument for the responsibility of elementary school students 

 

Abstract: This study aims to produce instrument evaluating the attitude of basic elementary school student responsibilities and know the result of measuring the attitude of student responsibility. This type of research is research development. The location of this research in Gugus Taruna Krida consisting of SD Negeri Gantang 1, SD Negeri Gantang 2, SD Negeri Jati 1, SD Negeri Jati 2, SD Negeri Jati 3, SD Negeri Butuh 1 and SD Negeri Butuh 2. The subjects of this study were 89 grade V students. Data collection techniques with interview and questionnaires. Data analysis techniques to test the validity of using product moment correlation, analysis of questionnaire results by counting correlation of item scores with total scores, concurrent validity testing, factor analysis, and descriptive statistics with SPSS 16.0. The results of the study showed that students who had a high responsibility were 16 students, 62 students of medium category, and 11 students of  low category. So it can be concluded that the attitude of responsibility of sudents in grade 5 elementary school of Gugus Taruna Krida in the medium are 62 students with a percentage of 70%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Septiana, R., & Pardimin, P. (2020). Pengembangan instrumen evaluasi sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(1), 85–98. https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.6551

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)