Pengembangan instrumen evaluasi sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.6551Keywords:
pengembangan instrumen, penilaian sikap, tanggung jawabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen evaluasi sikap tanggung jawab siswa sekolah dasar yang baku dan mengetahui hasil pengukuran sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian berada di Gugus Taruna Krida Kecamatan Sawangan yang terdiri dari SD Negeri Gantang 1, SD Negeri Gantang 2, SD Negeri Jati 1, SD Negeri Jati 2, SD Negeri Jati 3, SD Negeri Butuh 1 dan SD Negeri Butuh 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 89 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan korelasi product moment, analisis hasil angket dengan menghitung korelasi skor butir dengan skor total, pengujian validitas konkuren, analisis faktor, dan statistik deskriptif menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki sikap tanggung jawab kategori tinggi ada 16 siswa, kategori sedang 62 siswa, dan kategori rendah sebanyak 11 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap tanggung jawab siswa kelas V sekolah dasar Gugus Taruna Krida pada kategori sedang yaitu sebanyak 62 siswa dengan presentase 70%.
Â
Development of evaluation instrument for the responsibility of elementary school studentsÂ
Â
Abstract: This study aims to produce instrument evaluating the attitude of basic elementary school student responsibilities and know the result of measuring the attitude of student responsibility. This type of research is research development. The location of this research in Gugus Taruna Krida consisting of SD Negeri Gantang 1, SD Negeri Gantang 2, SD Negeri Jati 1, SD Negeri Jati 2, SD Negeri Jati 3, SD Negeri Butuh 1 and SD Negeri Butuh 2. The subjects of this study were 89 grade V students. Data collection techniques with interview and questionnaires. Data analysis techniques to test the validity of using product moment correlation, analysis of questionnaire results by counting correlation of item scores with total scores, concurrent validity testing, factor analysis, and descriptive statistics with SPSS 16.0. The results of the study showed that students who had a high responsibility were 16 students, 62 students of medium category, and 11 students of low category. So it can be concluded that the attitude of responsibility of sudents in grade 5 elementary school of Gugus Taruna Krida in the medium are 62 students with a percentage of 70%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.