Media pembelajaran mind mapping berbasis web untuk meningkatkan pemahaman materi kebijakan ekonomi

Meylinda Lukito Sari, Muhammad Abdul Ghofur

Abstract


Dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi kebijakan moneter dan fiskal, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan mind mapping dan berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, & Dessiminate). Uji coba produk dilakukan secara terbatas pada 20 peserta didik dengan menganalisis hasil pre-test dan post-test yang dihitung dengan menggunakan gain score dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping berbasis web dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Dengan demikian, media pembelajaran mind mapping berbasis web pada mata pelajaran ekonomi dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam matapelajaran ekonomi serta siap diujicobakan di kalangan yang lebih luas lagi.

 

Web-based mind mapping learning media to increase understanding of economic policy materials

 

AbstractAgainst the background of students' lack of understanding of monetary and fiscal policy material, this research was conducted to develop learning media that are expected to be able to overcome these problems. Learning media developed using a mind mapping and web-based approach. This type of research used in this study is Research and Development with the 4D development model (Define, Design, Development, & Disseminate). Product trials are limited to 20 students by analyzing the results of the pre-test and post-test, which are calculated using the gain score and t-test. The test results show that web-based mind mapping learning media can improve students' understanding. Thus, web-based mind mapping learning media on economic subjects can be declared fit for use in economics subjects and are ready to be tested in the broader circle.


Keywords


Mind Mapping; Media Pembelajaran; Pemahaman; Ekonomi



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v8i1.7632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats