Analisis higher-order thinking skills dalam soal tes matematika kelas IV di sekolah dasar

Main Article Content

Vera Yuli Erviana

Abstract

Soal tes sebagai tolak ukur kemampuan berpikir peserta didik sudah mencerminkan HOTS sesuai Kurikulum 2013 yang berlaku di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai soal tes matematika kelas 4 dan sudut pandang mengenai soal tes matematika berstandar HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan indikator menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah soal tes ulangan harian, soal tes ulangan tengah semester, dan soal tes akhir semester. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif jenis analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian analisis soal Higher Order Thinking Skills pada soal tes matematika kelas 4 menunjukan soal tes matematika dengan ranah HOTS pada dua puluh butir soal. Dari dua puluh butir soal yang menunjukan soal dengan ranah HOTS meliputi indikator menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5), sedangkan indikator mencipta (C6) tidak terdapat dalam butir soal tes matematika kelas 4 tersebut. Sisa butir soal yaitu sebanyak sembilan puluh sembilan butir merupakan soal dengan ranah Lower Order Thinking Skills dengan indikator  mengingat (C1), memahami (C2), dan menerapkan (C3). Soal tes matematika terdiri dari empat puluh delapan soal tes pilihan ganda dan tujuh puluh satu soal uraian.

 

Analysis of higher-order thinking skills in mathematics test class IV in elementary school

 

Abstract

The test questions as a benchmark of students' thinking ability already reflect HOTS according to the 2013 Curriculum in school. This study aims to find out more about 4th-grade math test questions and point of view regarding HOTS (Higher Order Thinking Skills) standard math test questions with indicators analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6). This research is a qualitative study with the type of research is descriptive. The subjects of this study were daily test questions, midterm tests, and end of semester test questions. The data analysis technique used is the descriptive qualitative type of content analysis. The results of the analysis of Higher Order Thinking Skills in the 4th-grade mathematics test questions show the mathematics test questions with the HOTS realm on twenty items. Of the twenty items that show questions with the HOTS realm include indicators analyzing (C4) and evaluating (C5), while creating indicators (C6) are not found in the 4th-grade math test items. The remaining ninety-nine items are questions with the Lower Order Thinking Skills domain with indicators remembering (C1), understanding (C2), and applying (C3). Mathematical test questions consist of forty-eight multiple-choice test questions and seventy-one description questions.

Article Details

How to Cite
Erviana, V. Y. (2019). Analisis higher-order thinking skills dalam soal tes matematika kelas IV di sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 144–149. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.7727
Section
Artikel
Author Biography

Vera Yuli Erviana, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian Ilmu Pendidikan, V (2), 24-32.

Undang-undang. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. 6–8. https://doi.org/ 10.16309/j.cnki.issn.10071776.2003.03.004.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal higher order thinking skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religius Education, II (1), 57-76.

Giani, Z. (2010). Analisis tingkat kognitif soal-soal buku teks matematika kelas VII berdasarkan taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Maematika, II (2), 1-20.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah RI Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kurikulum SD. Jakarta: Kemendikbud.

Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a9

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2015). The analyses of HOTS (High Order Thinking Skills) in objective test in social studies class 5th SD Negeri 7 Ciamis. 187–195.