Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA

Authors

  • Triana Kustiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.7894

Keywords:

pengembangan, multimedia interaktif, listrik statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa jauh dalam pembelajaran IPA kelas IX SMP, guru  menerapkan Media Pembelajaran dengan multimedia interaktif (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan media interaktif untuk mata pelajaran IPA  terutama pada materi Listrik Statis ditinjau dari bentuk atau komponen Multimedia Interaktif dan dari tampilan bentuk, warna , tulisan dan isi serta melakukan Uji Kelayakan media Pembelajaran IPA dengan Multimedia Interaktif  (4) mengetahui  efektifitas media yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Validasi multimedia dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP negeri 1 Tegalrejo, SMP Negeri 2 Tegalrejo dan SMP Negeri 3 Pakis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif dengan materi Listrik Statis layak digunakan; (2) kualitas multimedia interaktif ini dilihat dari (1) penilaian ahli media tentang aspek bentuk baik (2) aspek warna baik, (3) penilaian ahli materi aspek isi sangat baik karena sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar dan langkah-langkah pembelajaran.Sedangkan hasil dari penilaian peserta didik uji coba keterbacaan dan uji coba agak luas baik dilihat dari tingkat penggunaan yang mudah, materi mudah dipahami dan materi sesuai dengan Kompetnesi Dasar,. Rata-rata penilaian hasil belajar siswa ketika pretest  kelas kontrol adalah 28,49 dan kelas eksperimen 30,41. Sedangkan rata-rata nilai posttest  kelas kontrol sebesar 52,54 dan kelas eksperimen adalah sebesar 69,42.

 

Development of interactive multimedia as science learning media

 

Abstract: This study aims to: (1) find out the extent of science learning in grade IX junior high school teachers apply Learning Media with interactive multimedia, (2) find out the feasibility of instructional media with interactive media for science subjects, especially in Static Electricity material in terms of Multimedia forms or components Interactive and from the appearance of shapes, colors, writing and content as well as conducting the Feasibility Test of Learning Media with Interactive Multimedia (4) find out the effectiveness of the resulting media in improving student learning outcomes. This research is research and development. Multimedia validation is carried out by material experts and media experts. The subjects of this research trial were grade IX students in  SMPN 1 1 Tegalrejo, SMPN 2 Tegalrejo, and SMPN 3 Pakis. The conclusions of this study are: (1) interactive learning multimedia products with Static Electricity materials are appropriate to use; (2) the quality of interactive multimedia is seen from (1) the assessment of media experts about aspects of good form (2) aspects of good color, (3) expert judgment of content aspects is very good because it is in accordance with Basic Competence and learning steps. the assessment of students' readability and try-out trials are rather broad both in terms of the level of use that is easy, the material is easy to understand, and the material is in accordance with the Basic Competency. The average assessment of student learning outcomes when the control class pretest was 28.49 and the experimental class 30.41. While the average value of the control class post-test was 52.54, and the experimental class was 69.42.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrina, D. E., Jaenudin, R., Fatimah, S., & Mardetini, E. (2019). Pelatihan media powerpoint slide master berbasis pembelajaran kolaboratif di SMA Kelurahan Bukit Lama Palembang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1–18.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Arsyad, A., & Anitah, S. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Cahyadi, D. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran IPA terpadu pokok bahasan wujud zat dan perubahannya kelas VII SMPN 5 Satu Atap Bumijawa. Universitas Negeri Semarang.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Gaskins, B., & Austin, D. (2007). Powerpoint. In Versión 2007.

Green, T. D., & Brown, A. (2002). Multimedia projects in the classroom: A guide to development and evaluation. Corwin Press.

Kustiati, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan multimedia interaktif mata pelajaran IPA Kelas IX di SMP. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Kyu, Y. (2014). Super slide master dengan PowerPoint 2013. Elex Media Komputindo.

Listya, A. (2019). Konsep dan pengunaan warna dalam infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10–19. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan warna dalam disain interior perpustakaan terhadap psikologis pemustaka. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106

Martoyo, M., & Haryanto, S. (2018). Pemanfatan media pembelajaran magic paper untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan bahasa Inggris lisan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 109. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3388

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, Pub. L. No. 22, Peraturan Menteri (2006).

Munadi, S. (2004). Bahan perkuliahan statistika. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Munir, M. (2016). Multimedia: Konsep & aplikasi dalam pendidikan. Alfabeta.

Nuriantisyah, P. (2019). Pengaruh penggunaan media power point fitur hyperlink terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 2 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

Rahayu, S., & Prihatini, Y. (2021). Kontribusi pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Teacher in Educational Research, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.33292/ter.v3i1.165

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Rajawali Pers.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619

Schramm, W. (1977). Big media little media: Tools and technologies for instruction. Sage Publications,.

Sigit, W. (2008). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah biologi melalui model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain multimedia pembelajaran. Media Akademik.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Kustiati, T. (2022). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.7894

Issue

Section

Artikel

Citation Check