Evaluasi layanan pemesanan bahan pustaka berbasis online

Ismiyati Ismiyati, Hengky Pramusinto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas layanan perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang berbasis implementasi pemesanan bahan pustaka online. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan formative-sumatif evaluation model. Subyek dalam penelitian ini adalah pustakawan dan pemustaka (pengguna layanan pemesanan bahan pustaka online). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan evaluasi layanan perpustakaan berbasis implementasi  pemesanan bahan pustaka online pada webisite perpustakaan FE UNNES diukur menggunakan 4 indikator: (1) keahandalan/pemenuhan, (2) desain/tampilan fitur, (3) keamanan/ privasi, dan (4) layanan pelanggan. Kualitas layanan perpustakaan berbasis implementasi pemesanan bahan pustaka online di perpustakaan FE UNNES menunjukkan bahwa telah optimal dan efisien. Hal ini dikarenakan adanya fitur pemesanan bahan pustaka online mampu memudahkan pemustaka dalam mendapatkan dan memperoleh referensi bahan pustaka secara cepat dan tepat. Selain itu, fitur ini sangat mudah diakses melalui laptop/komputer/android. Akan tetapi, apabila di lihat dari desain/tampilan fitur pemesanan bahan pustaka online ini masih kurang menarik, sehingga perlu dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Kesimpulan dalam penelitain ini adalah secara keseluruhan kualitas layanan perpustakaan berbasis implementasi pemesanan bahan pustaka online mampu meningkatkan kualitas layanan.

 

Evaluation of online library booking service

 

Abstract

The study aims to describe the quality of the library services based on the implementation of online booking for a book. The qualitative and formative-summative evaluation model is used in this study. The samples were then librarians and users. Methods of data collection use observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is qualitative descriptive. The result showed that the evaluation of quality service bashed on online booking has been optimal and efficient because the feature of online booking can facilitate to obtain references quickly and precisely. The quality of service measured using 4 indicators: (1) reliability, (2) design features; (3) security/privacy; and (4) customer service. In addition, the feature is very accessible via laptop/computer/android. However, when viewed from the design of feature is still less interesting, so it needs improvement of the library service quality. Conclusion, overall the quality of library service-based online booking is able to improve the service quality.


Keywords


evaluasi; kualitas layanan; pemesanan; bahan pustaka; online



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v8i1.7926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats