Implementasi program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Magelang
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.8036Keywords:
Imlpementasi, Program, Ekstrakurikuler PanahanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah a) Mendiskripsikan perencanaan model latihan ekstakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang, b) Mendiskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang, c) Mendiskripsikan hasil yang dicapai pada ekstrakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang dan d) Menganalisis Kendala yang dihadapi pada ekstrakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Analisis data yang di gunakan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan menyimpulkan dari analisis tindakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) Perencanaan model latihan ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang dilakukan secara terus menerus, bertahap, penguasaan teknik dasar dan ketersediaan alat dan fasilitas, dukungan internal maupun eksternal dan sosialisasi berupa kompetisi di dalam atau di luar lingkungan sekolah; b) Pelaksanaan model latihan ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Magelang menggunakan teknik “Drill Target Pointâ€; c) Hasil yang di capai selama menggunakan model latihan yang dikembangkan belum mencapai hasil yang maksimal namun sudah meraih beberapa juara dalam kejuaraan POPDA Tingkat Kota Magelang; d) Kendala yang dihadapi pada program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang.
Â
Abstract: The objectives of this study are a) To describe the planning of archery extracurricular exercises in SMA Negeri 4 Magelang City, b) To describe the implementation of archery extracurricular programs at SMA Negeri 4 Magelang City, c) To describe the results achieved at Archery extracurricular at SMA Negeri 4 Magelang City and d ) Analyzing the Constraints faced in Archery extracurricular at SMA Negeri 4 Magelang City. This research is qualitative research based on the philosophy of positivism. In this research, the purpose of the supplementation is the application of a research result or a policy that must be transformed into action in its implementation, while the extracurricular program is an informal activity carried out by school or university students which are carried out outside of school hours. And Archery is a sport of precision target shooting that uses bows and arrows with certain rules, costumes and some tools that must be used in accordance with the standards that have been set. Based on the research it can be concluded that: a) Archery extracurricular training model planning in SMA Negeri 4 Magelang is carried out continuously, gradually, mastering basic techniques and the availability of tools and facilities, internal and external support and socialization in the form of competition inside or outside the school environment. b) Implementation of archery extracurricular training models in SMA Negeri 4 Magelang using the "Drill Target Point" technique. c) The results achieved while using the training model developed have not yet reached the maximum results but have won several championships in the Magelang Municipal Level POPDA championship. d) Constraints faced in the archery extracurricular program at SMA Negeri 4 Magelang City
Downloads
References
Ali, M. (2011). Kontribusi status gizi dan motivasi belajar terhadapkesehatan jasmani mahasiswa pendidikan olahragadan kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Ardi, N. W. (2013). Manajemen kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti, D., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353
Barret, J. A. (1997). Olahraga panahan: pedoman, teknik, dan analisis. Semarang: Dahara Prize.
Bompa, T. (1994). Theory and methodology of training. Kendal lowa: Hunt Publishing Company
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1992).Undang-Undang Republik Indonesia dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Bagian Proyek Pengembangan Ketenagaan Diklusepora Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda, dan Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Depdiknas Kota Magelang. Disporapar. (2018). Kasi Pemuda dan Olahraga Pendidikan Dasar dan Menengah. Kota Magelang.
Depdiknas.Diskluspora. (2001). Petunjuk pembentukan pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP). Depdiknas, Jakarta.
Harsono. (2010). Latihan kondisi fisik. Bandung: FPOK UPI
Husdarta, H.J.S. (2010). Sejarah dan filsafat olahraga. Bandung: Alfabeta
Lee, K., & De Bondt, R. (2005). Total archery. Republic Samick sport Co, LTD Published
Miles, M.B., & Huberman A.M. (1984). Analisis data kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Pelana, R. (2013). Persepsi atlet terhadap SDM PPLM tentang prestasi atlet. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765-779.
Prasetyo, Y. (2018). Teknik dasar panahan trik jitu menembak akurat dan tepat sasaran. Yogyakarta: Thema Publishing.
Purba. (2012). Prestasi puncak atlet tercapai dengan menerapkan iptek olahraga, khususnya ilmu faal olahraga†http://www.unpad.ac.id
Roestiyah N K. (1989). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Saibene, F., & Minetti, A. E. (2003). Biomechanical and physiological aspects of legged locomotion in humans. European Journal of Applied Physiology, 88(4), 297–316. https://doi.org/10.1007/s00421-002-0654-9
Sudjana, N. (1991). Teori-teori belajar untuk pengajaran. Jakarta: FEUI
Winarno, S. (1994). Pengantar penelitian ilmiah: dasar, metode, dan teknik. Bandung: Tarsito
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.