Implementasi program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Magelang

Authors

  • Surya Eka Dwi Purba SMK Negeri 1 Sedayu, Indonesia
  • Samsi Haryanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.8036

Keywords:

Imlpementasi, Program, Ekstrakurikuler Panahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah a) Mendiskripsikan perencanaan model latihan ekstakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang, b) Mendiskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang, c) Mendiskripsikan hasil yang dicapai pada ekstrakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang dan d) Menganalisis Kendala yang dihadapi pada ekstrakurikuler Panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Analisis data yang di gunakan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan menyimpulkan dari analisis tindakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) Perencanaan model latihan ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang dilakukan secara terus menerus, bertahap, penguasaan teknik dasar dan ketersediaan alat dan fasilitas, dukungan internal maupun eksternal dan sosialisasi berupa kompetisi di dalam atau di luar lingkungan sekolah; b) Pelaksanaan model latihan ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Magelang menggunakan teknik “Drill Target Pointâ€; c) Hasil yang di capai selama menggunakan model latihan yang dikembangkan belum mencapai hasil yang maksimal namun sudah meraih beberapa juara dalam kejuaraan POPDA Tingkat Kota Magelang; d) Kendala yang dihadapi pada program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Kota Magelang.

 

Abstract: The objectives of this study are a) To describe the planning of archery extracurricular exercises in SMA Negeri 4 Magelang City, b) To describe the implementation of archery extracurricular programs at SMA Negeri 4 Magelang City, c) To describe the results achieved at Archery extracurricular at SMA Negeri 4 Magelang City and d ) Analyzing the Constraints faced in Archery extracurricular at SMA Negeri 4 Magelang City. This research is qualitative research based on the philosophy of positivism. In this research, the purpose of the supplementation is the application of a research result or a policy that must be transformed into action in its implementation, while the extracurricular program is an informal activity carried out by school or university students which are carried out outside of school hours. And Archery is a sport of precision target shooting that uses bows and arrows with certain rules, costumes and some tools that must be used in accordance with the standards that have been set. Based on the research it can be concluded that: a) Archery extracurricular training model planning in SMA Negeri 4 Magelang is carried out continuously, gradually, mastering basic techniques and the availability of tools and facilities, internal and external support and socialization in the form of competition inside or outside the school environment. b) Implementation of archery extracurricular training models in SMA Negeri 4 Magelang using the "Drill Target Point" technique. c) The results achieved while using the training model developed have not yet reached the maximum results but have won several championships in the Magelang Municipal Level POPDA championship. d) Constraints faced in the archery extracurricular program at SMA Negeri 4 Magelang City

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2011). Kontribusi status gizi dan motivasi belajar terhadapkesehatan jasmani mahasiswa pendidikan olahragadan kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).

Ardi, N. W. (2013). Manajemen kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, D., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353

Barret, J. A. (1997). Olahraga panahan: pedoman, teknik, dan analisis. Semarang: Dahara Prize.

Bompa, T. (1994). Theory and methodology of training. Kendal lowa: Hunt Publishing Company

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1992).Undang-Undang Republik Indonesia dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Bagian Proyek Pengembangan Ketenagaan Diklusepora Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda, dan Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Depdiknas Kota Magelang. Disporapar. (2018). Kasi Pemuda dan Olahraga Pendidikan Dasar dan Menengah. Kota Magelang.

Depdiknas.Diskluspora. (2001). Petunjuk pembentukan pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP). Depdiknas, Jakarta.

Harsono. (2010). Latihan kondisi fisik. Bandung: FPOK UPI

Husdarta, H.J.S. (2010). Sejarah dan filsafat olahraga. Bandung: Alfabeta

Lee, K., & De Bondt, R. (2005). Total archery. Republic Samick sport Co, LTD Published

Miles, M.B., & Huberman A.M. (1984). Analisis data kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pelana, R. (2013). Persepsi atlet terhadap SDM PPLM tentang prestasi atlet. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765-779.

Prasetyo, Y. (2018). Teknik dasar panahan trik jitu menembak akurat dan tepat sasaran. Yogyakarta: Thema Publishing.

Purba. (2012). Prestasi puncak atlet tercapai dengan menerapkan iptek olahraga, khususnya ilmu faal olahraga†http://www.unpad.ac.id

Roestiyah N K. (1989). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Saibene, F., & Minetti, A. E. (2003). Biomechanical and physiological aspects of legged locomotion in humans. European Journal of Applied Physiology, 88(4), 297–316. https://doi.org/10.1007/s00421-002-0654-9

Sudjana, N. (1991). Teori-teori belajar untuk pengajaran. Jakarta: FEUI

Winarno, S. (1994). Pengantar penelitian ilmiah: dasar, metode, dan teknik. Bandung: Tarsito

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Purba, S. E. D., & Haryanto, S. (2020). Implementasi program ekstrakurikuler panahan di SMA Negeri 4 Magelang. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(1), 13–21. https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.8036

Issue

Section

Artikel

Citation Check