Pengembangan assesment pembelajaran berbasis wondershare quiz qreator dalam evaluasi perkuliahan materi pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia

Nurjanah Nurjanah, Nurfitriani Nurfitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Assesment serta menelaah respon mahasiswa terhadap Assesment Pembelajaran berbasis Wondershare Quiz Creator. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg & Gall dengan pengembangan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement Evaluate). Tahap pengembangan Assesment Pembelajaran berbasis Wondershare Quiz Creator dilakukan dengan langkah-langkah pengembangan desain seperti pembuatan cover, pembuatan template, penyusunan butir soal, pengaturan soal dan publiaksi. Tahap implementasi dilakukan dengan menguji kelayakan dan keefektifan serta kepraktisan penggunannya melalui angket respon sebanyak 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan Assesment Pembelajaran berbasis Wondershare Quiz Creator dalam evaluasi perkuliahan Materi Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia dikembangkan melalui lima tahapan yaitu (a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development) d) Impelementasi (Implementation) dan e) Evaluasi (Evaluation); (2) tingkat kelayakan media Assesment Pembelajaran berbasis Wondershare Quiz Creator berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase 74, 29 % pada interval 60%<𝑥≤80%  yang termasuk dalam kategori layak, ahli media diperoleh persentase 76% pada interval 60%<𝑥≤80%  yang termasuk dalam kategori layak; (3) Kelayakan dan keefektifan melalui respon mahasiswa diperoleh persentase 81, 44%,  berada pada interval 80%<𝑥≤100% dengan kualifikasi sangat layak digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.


Abstract

This study aims to develop an assessment and examine student responses to the Wondershare Quiz Creator-based Learning Assessment. The approach used is the Borg & Gall Research and Development (R&D) with the development of the ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement Evaluate) model. The development phase of Wondershare Quiz Creator-based Learning Assessment is carried out by developing design steps such as making covers, making templates, compiling items, arranging questions and publishing. The implementation stage is carried out by testing the feasibility and effectiveness as well as the practicality of its use through a response questionnaire of 20 respondents. The results showed that (1) Development of Learning Assessment based on Wondershare Quiz Creator in the evaluation of Indonesian Literature Language Learning Materials was developed through five stages, namely (a) Analysis, b) Design, c) Development (Development) d) Implementation (Implementation) and e) Evaluation (Evaluation); (2) the feasibility level of the Wondershare Quiz Creator-based Learning Assessment media based on material expert judgment obtained a percentage of 74.29% at 60% <interval≤80% intervals which are included in the feasible category, media experts obtained a percentage of 76% at 60% intervals <𝑥≤ 80% are in the feasible category; (3) Feasibility and effectiveness through student responses obtained a percentage of 72, 39%, in the 60% interval <𝑥≤80% with qualifications worthy of being used as a learning evaluation media.


Keywords


Asesment; Evaluasi; Wondershare; Wondershare Quiz Creato

Full Text:

Fulltext PDF

References


Adiarta, A., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan soal test digital matakuliah asesmen dan evaluasi menggunakan aplikasi wondershare. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 287. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.19199

Arifin, Z. (2014). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur. Rosdakarya.

Gall, M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. D., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Pearson Education Inc.

Kholifah, S., & Rubhiyanti, R. (2018). Desain evaluasi mata kuliah technopreurship menggunakan wondershare quiz creator. EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2), 88. https://doi.org/10.26877/ep.v3i2.3498

Punaji, S. (2016). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Prenadamedia Group.

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan alat evaluasi berbantuan aplikasi android pada mata pelajaran penataan produk kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36028

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan media evaluasi pembelajaran dalam bentuk online berbasis e-learning menggunakan software wondershare quiz creator dalam mata pelajaran akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Utomo, D. W. (2015). Pengembangan sistem ujian online soal pilihan ganda dengan menggunakan software wondershare quiz creator. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/13292

Widoyoko, S. E. P. (2015). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik (Cet. ke-3). Pustaka Pelajar. https://doi.org/2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v8i1.8486

DOI (Fulltext PDF): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v8i1.8486.g3846

Article Metrics

Abstract view : 111 times
Fulltext PDF - 10 times

Refbacks



Copyright (c) 2020 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats