Uji kompetensi siswa: Kompetensi guru produktif, prestasi prakerin dan intensitas les apakah memberikan kontribusi?
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v10i2.8839Keywords:
Kompetensi Guru, Prestasi Prakerin, Intensitas Les, Uji Kompetensi Siswa, Teacher Competence, Internship Achievement, Tutoring Intensity, Student Competency TestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru produktif, prestasi prakerin dan intensitas les USK terhadap uji kompetensi siswa kelas XII AKL SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian130 siswa dan sekaligus sebagai sampel. Menggunakan metode angket/kuisioner. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan multikolinearitas. Analisa data disajikan dalam analisis deskriptif, uji hipotesis dilakukan dengan regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan kompetensi guru produktif, prestasi prakerin dan intensitas les USK terhadap terhadap hasil uji kompetensi pada siswa kelas XII AKL SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Kompetensi Guru Produktif terhadap uji kompetensi siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 26,20% dan sumbangan relatif sebesar 47,10%. Prestasi Prakerin terhadap uji kompetensi siswa sumbangan efektif sebesar 14,70% dan sumbangan relatif sebesar 26,50%. Intensitas Les USK terhadap uji kompetensi siswa sumbangan efektif sebesar 14,70% dan sumbangan relatif sebesar 26,40%. Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan kompetensi guru produktif, prestasi prakerin dan intensitas les USK secara bersama terhadap uji kompetensi siswa SMK, sumbangan efektif sebesar 55,70%.
Student competency test: Productive teacher competence, internship achievement, and tutoring intensity contribute?
Abstract: This study aims to determine the effect of productive teacher competence, internship performance, and USK tutoring intensity on the competency test of class XII AKL students of SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo in the academic year 2019/2020. This study uses a quantitative correlational approach. The study population was 130 students, as well as a sample. Using a questionnaire/questionnaire method. The prerequisite analysis test used linearity and multicollinearity tests. Data analysis is presented in descriptive analysis; hypothesis testing is carried out by simple and multiple regression. The results showed that there was a positive and very significant influence on the competence of productive teachers, internship performance, and the intensity of USK lessons on the results of competency tests in class XII AKL students at SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Academic Year 2019/2020 both individually and collectively. Productive Teacher Competence on student competency tests made an effective contribution of 26.20% and a relative contribution of 47.10%. The internship achievement towards the student competency test was an effective contribution of 14.70% and a relative contribution of 26.50%. The intensity of USK tutoring on student competency tests was an effective contribution of 14.70% and a relative contribution of 26.40%. There is a positive and very significant influence on productive teacher competence, internship performance, and the intensity of USK lessons together on the competency test of vocational students; the effective contribution is 55.70%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (Vols. 100–125). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.20961/iman.v2i1.19638
Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6384
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, (2007).
Payong, M. R. (2011). Sertifikasi profesi guru: konsep dasar, problematika, dan implementasinya. Indeks.
Prabandari, E. T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh pembelajaran kewirausahan melalui business center, prakerin, dan latar belakang keluarga terhadap kompetensi berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6054
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Saondi, O., & Suherman, A. (2012). Etika profesi keguruan. Refika Aditama.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Supardi, S. (2012). Kinerja guru. Rajawali Press.
Telehala, N., & Purba, J. (2020). Strategi belajar siswa kelas VI untuk menghadapi ujian akhir sekolah (UAS) pada SDN 3 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Didaxei, 1(1). http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/173
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.